Yuk! Mengenal Jenis-Jenis Waxing

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Jenis Waxing
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Waxing merupakan metode penghilang rambut semi permanen, dengan mencabut rambut dari akarnya. Beberapa bagian tubuh yang di-waxing biasanya meliputi alis, wajah, ketiak, lengan, punggung dan kaki. Jika waxing dilakukan secara rutin, ada kemungkinan rambut akan menghilang secara permanen. Lantas apa saja jenis waxing yang ada? Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut uraiannya.

Jenis-jenis waxing berdasarkan teksturnya

Hard wax

Ini merupakan jenis waxing yang membiarkan lilin mengering dan mengeras setelah diterapkan. Setelah itu, ahli kecantikan mulai mencabut lilin agar terlepas dari kulit dengan menggunakan jari tangan. Lilin yang berkualitas baik seharusnya tidak menempel pada kulit kecuali pada rambut. Oleh karena itu, hard wax dapat digunakan pada kulit sensitif.

Soft wax

Jenis waxing soft wax yang biasa disebut sebagai strip wax. Tekstur lilin pada soft wax mirip seperti madu ketika dipanaskan. Setelah dilakukan pemanasan, lilin tersebut disebar pada kulit dengan hati-hati. Selanjutnya lilin ditutup dengan kain kasa. Kain tersebut lalu dicabut bersamaan dengan rambut yang menempel.

Kelemahan soft wax adalah tidak dapat mencabut rambut yang tumbuh ke dalam. Hal ini praktis digunakan di wilayah yang luas seperti kaki, punggung, atau lengan. Perlu diingat bahwa sebelum menyebarkan lilin ke kulit, ada baiknya untuk memberi bedak demi mengurangi risiko kulit tertarik.

Sugar wax

Jenis waxing ini sangat ideal untuk orang-orang dengan jenis kulit yang sensitif karena menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan rambut. Gabungan bahan-bahan seperti gula, jus lemon, madu dan air yang dipanaskan akan menghasilkan tekstur lengket. Selain mudah untuk dipersiapkan, sugar wax juga aman untuk seluruh jenis kulit karena seluruh bahan yang digunakan alami.

Jenis-jenis waxing berdasarkan temperatur

Hot wax

Ada beberapa jenis hot wax yang sering kita temukan seperti soft wax dan hard wax yang telah kita bahas di atas. Terlepas dari jenisnya, mereka semua bekerja dengan cara yang sama. Lilin dipanaskan terlebih dahulu untuk dicairkan. Setelah cair, lilin diaplikasikan di atas kulit. Lalu dicabut hanya dengan menggunakan tangan (jika menggunakan hard wax) atau menggunakan kain kassa (jika menggunakan soft wax).

Karena lilin hanya menempel pada rambut, maka Anda dapat menariknya ke arah yang berlawanan dari arah tumbuhnya rambut dengan gerakan mendadak.

Cold wax

Cold wax dirancang untuk digunakan di rumah. Lilin tersebut terdapat pada strip tarik yang Anda beli. Anda hanya perlu menghangatkan strip tersebut dengan menggosoknya di antara kedua telapak tangan agar lilin menempel dengan baik pada rambut. Cara menggunakanya dengan menempatkan lilin menghadap bawah, lalu tekan ke arah tumbuhnya rambut. Setelah itu tarik dari arah yang berlawanan.

Jenis-jenis waxing berdasarkan gayanya

Triangle trim

Gaya ini meninggalkan bentuk segitiga pada rambut yang tidak akan terlihat jika anda mengenakan pakaian renang. Sedangkan, rambut di sekitar segitiga tersebut dibersihkan.

American waxing

Ini adalah gaya yang umum pada bikini wax karena ini termasuk menghilangkan seluruh rambut yang akan terlihat ketika Anda memakai bikini. Jumlah rambut yang dihilangkan tergantung dengan jenis bikini apa yang anda pakai. Rambut yang tersisa juga dipangkas. Nama lain untuk gaya ini adalah bikini line wax.

French waxing

Gaya ini menghilangkan rambut jauh lebih banyak dibandingkan dengan american wax. Hal ini melibatkan seluruh rambut dari bagian depan hingga daerah antara depan dan belakang. Tidak seperti brazilian wax, rambut bagian belakang tidak ada yang dihilangkan. Namun, jika Anda ingin, Anda dapat meninggalkan garis vertikal pada bagian depan rambut. Garis rambut ini dapat disebut sebagai landing strip.

Brazilian waxing

Gaya ini merupakan bikini wax yang lengkap, karena ia menghapus seluruh rambut pada garis bikini dari depan hingga belakang. Hal ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menghapus seluruh rambut bagian depan maupun belakang. Anda juga dapat menyebut gaya ini sebagai hollywood wax atau sphinx bikini wax.

Populer video

Berita lainnya