Beberapa Hal Penyebab Rambut jadi Lepek dan Berminyak

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kenali Penyebab Rambut Lepek Berminyak
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Memiliki rambut lepek dan berminyak memang menjengkelkan. Tak hanya menurunkan rasa percaya diri, rambut pun jadi terlihat kusam.

Pada dasarnya, sebum di kulit kepala adalah minyak alami yang berfungsi untuk menjaga kelembapan dan memberikan kesan berkilau pada rambut. Akan tetapi ketika produksi minyak berlebihan, bisa menyebabkan rambut berminyak dan lepek.

Dilansir dari laman helloSEHAT, ada beberapa hal yang menyebabkan produksi minyak berlebih di kulit kepala, yakni sebagai berikut:

Perubahan hormon

Siklus pertumbuhan rambut, adanya penyakit pada kulit kepala, dan kesehatan folikel rambut dipengaruhi oleh hormon. Oleh larenanya, jika hormon di tubuh bermasalah, tentu akan berdampak pada kesehatan rambut, termasuk menyebabkan rambut jadi lepek.

Kulit kepala adalah bagian kulit yang mudah berminyak akibat perubahan hormon dalam tubuh, terutama pada wanita. Peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh dapat meningkatkan kadar minyak pada kulit manusia, termasuk kulit kepala.

Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengapa kedua hormon tersebut berdampak terhadap minyak di kulit kepala.

Terlalu sering keramas

Keramas menjadi salah satu rutinitas untuk merawat rambut agar tetap sehat. Namun, terlalu sering mencuci rambut ternyata juga kurang bagus, karena bisa meningkatkan produksi minyak di kulit kepala, sehingga rambut jadi lepek.

Pada saat keramas, bahan yang ada di sampo akan merangsang kulit kepala untuk memproduksi lebih banyak sebum. Bila terlalu sering dilakukan, kulit kepala akan terus menghasilkan minyak hingga membuat rambut anda tampak lepek.

Di samping itu, terlalu sering keramas juga dapat menyebabkan rambut kering, sehingga hal ini mungkin akan berlaku sesuai dengan jenis rambut masing-masing.

Pengaruh dari produk perawatan rambut

Produk perawatan rambut yang digunakan ternyata juga dapat membuat rambut berminyak. Hal ini disebabkan minyak yang ada di kulit kepala tidak dapat dihilangkan dengan air saja.

Mencuci rambut dengan air tanpa sampo atau hanya menggunakan kondisioner rambut justru membuat minyak di kulit kepala menumpuk. Meski tidak mudah terlihat, minyak akan membuat rambut anda lepek beberapa jam kemudian.

Oleh karena itu, pilihlah produk perawatan rambut, seperti sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut yang anda miliki, demi rambut yang lebih sehat.

Populer video

Berita lainnya