Waspada! Ini Ciri-Ciri Rambut Anda Rusak

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ciri Ciri Rambut Rusak
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada istilah yang menyebut rambut adalah mahkota. Itu sebabnya perlu mendapatkan perawatan yang baik dan benar, demi mendapatkan rambut yang sehat dan juga indah.

Namun tak sedikit yang abai terhadap kesehatan rambut mereka, dan baru menyadarinya ketika sudah rusak parah. Ya, kerusakan rambut dapat terjadi akibat berbagai hal, seperti paparan sinar matahari, pewarna rambut, hingga cara merawat rambut yang salah.

Lantas apa saja tandanya rambut rusak? Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini apa saja ciri-ciri rambut rusak yang perlu diwaspadai.

Rambut mudah kusut

Salah satu tanda rambut rusak yang paling mudah dikenali adalah mudah kusut. Rambut memiliki lapisan pelindung yang disebut kutikula. Jika rambut rusak, kutikula akan terlepas dan patah, sehingga membentuk ujung yang tajam.

Jika sudaj demikian, ujung kutikula pada satu helai rambut akan bergesekan dengan kutikula lainnya. Akibatnya, rambut pun mudah kusut.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh sejumlah hal dan salah satunya adalah kurangnya kelembapan rambut. Rambut yang kering menyebabkan helai rambut menjadi berikatan satu sama lain, sehingga setiap helaiannya pun sulit diatur.

Rambut kering dan tampak kusam

Selain mudah kusut, tanda rambut rusak lainnya adalah terasa kering dan tampak kusam. Rambut kering serta kusam adalah pertanda rambut kehilangan minyak alami yang berfungsi sebagai pelembap.

Tidak hanya kering, kilau alami pada rambut pun memudar sehingga tampak pudar. Kurangnya produksi minyak alami pada rambut sebenarnya disebabkan oleh berbagai hal yang mungkin tidak Anda sadari sebagai berikut.

  • Tinggal di lingkungan yang kering dan panas.
  • Rambut sering terpapar sinar matahari.
  • Terlalu sering keramas.
  • Penggunaan produk sampo, kondisioner rambut, atau produk perawatan yang tidak cocok.
  • Mewarnai rambut.
  • Pemakaian hair dryer, catokan, atau pengeriting rambut.

Rambut bercabang dan mudah patah

Sudah bukan rahasia umum lagi bila rambut bercabang dan mudah patah termasuk ke dalam ciri-ciri rambut rusak. Rambut yang patah saat disisir atau disusuri dengan tiga jari dapat terjadi akibat lapisan kutikula rambut yang rusak.

Bila hal ini terjadi, kelenturan rambut akan turut berkurang dan menjadikannya mudah patah. Selain patah, kurangnya kelenturan rambut yang menyebabkan rambut bercabang.

Anda bisa melihatnya dari ujung rambut. Bila ujung rambut terbagi menjadi dua, ada kemungkinan Anda perlu memerhatikan kesehatan rambut dari sekarang.

Rambut mengembang

Rambut yang mengembang dan keriting (frizzy), terutama di tempat lembap ternyata juga menjadi tanda rambut tidak sehat. Penyebabnya pun tidak lain tidak bukan adalah kerusakan pada lapisan kutikula rambut.

Salah satu fungsi kutikula rambut adalah mengunci kelembapan rambut. Jika rusak, rambut akan kehilangan kelembapannya dan menjadi lebih ringan, kering, dan mengembang.

Rambut yang megar juga menjadi ciri bahwa seluruh lapisan pelindung telah rusak. Alhasil, serat bagian dalam rambut terpapar lingkungan luar secara langsung dan menyebabkan kerusakan rambut lebih lanjut.

Lapisan kutikula rambut memiliki banyak fungsi, salah satunya mengunci kelembapan setiap helai rambut. Ketika lapisan kutikula rusak, rambut akan lebih mudah kehilangan kelembapannya. Rambut pun menjadi lebih kering, ringan, dan mengembang.

Rambut menipis

Ciri-ciri rambut tidak sehat yang satu ini mungkin akan terlihat ketika Anda sadar bahwa beberapa daerah kulit kepala lebih banyak terlihat dari helai rambut. Kondisi yang juga disebut rambut menipis ini biasanya disebabkan oleh kerontokan rambut.

Penyebab kerontokan rambut pun tidak selalu berkaitan dengan cara menjaga kesehatan rambut. Rambut juga dapat rontok dan menipis akibat stres, pola makan yang tidak teratur, hingga faktor genetik.

Kondisi yang lebih sering dialami oleh wanita ini terjadi saat pertumbuhan rambut mulai melambat. Seiring dengan bertambahnya usia, folikel rambut akan berubah dan menghasilkan rambut yang lebih halus dan kurang kuat.

Perubahan warna rambut

Perubahan warna rambut tidak hanya dapat terjadi akibat usia atau Anda dengan sengaja mewarnai rambut. Tanda rambut rusak yang satu ini bisa diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

Umumnya, rambut yang rusak berwarna lebih terang ketimbang rambut sehat. Hal ini biasanya terlihat di ujung rambut yang panjang. Sebagai contoh, rambut gelap berubah menjadi merah kecoklatan atau rambut coklat berubah menjadi pirang.

Bahkan, beberapa kasus menunjukkan rambut dapat berubah warna menjadi hijau akibat klorin dari air atau kolam renang. Rambut hijau ini biasanya dialami oleh pemilik rambut pirang dan sudah rusak.

Selain itu, perubahan warna rambut juga dapat dialami setelah menggunakan produk rambut. Misal, penggunaan sampo dengan kandungan penicillamine dapat mengubah warna rambut asli yang ternyata bisa memengaruhi kesehatan rambut.

Populer video

Berita lainnya