Sayang Jika Dilewatkan, Ini Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Minum Air Putih
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Minum air putih sebelum tidur pun dipercaya baik untuk kesehatan. Sayangnya, banyak orang yang tidak melakukannya karena alasan tidak terbiasa, tidak sempat, atau tidak ingin terbangun untuk buang air kecil saat malam.

Padahal, minum air putih sebelum tidur bermanfaat untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan saat tidur. Bahkan ada manfaat lain yang bisa dirasakan bagi tubuh. Melansir laman alodokter, simak ulasannya berikut ini.

Meningkatkan kualitas tidur

Kekurangan cairan selama tidur dapat memicu rasa haus dan membuat Anda rentan terbangun di malam hari. Alhasil, waktu dan kualitas tidur pun dapat terganggu. Dengan mengonsumsi air putih sebelum tidur, maka tidur Anda akan lebih nyenyak. Sehingga, tubuh akan terasa lebih bugar keesokan harinya.

Menjaga fungsi organ tubuh

Selama tidur, beberapa organ tubuh masih aktif untuk menunjang kehidupan. Semua kinerja organ sangat bergantung pada cairan tubuh. Dengan mengonsumsi air putih dapat menjaga kadar cairan dalam tubuh dan menjaga fungsi organ tubuh tetap bekerja secara optimal selama tidur.

Menjaga suhu tubuh

Mengonsumsi air putih yang cukup sebelum tidur bisa mendinginkan tubuh dan menjaga suhu tubuh tetap normal. Selain itu, bila Anda tidur di tempat yang panas atau tanpa pendingin udara, Anda tentu akan banyak berkeringat. Hal ini merupakan mekanisme alami tubuh untuk mengatasi rasa panas. Selain itu, kondisi tersebut juga bisa mengurangi cairan dalam tubuh.

Mencegah sakit kepala

Sakit kepala sering kali terjadi ketika bangun tidur. Hal ini bisa diakibatkan oleh kurangnya waktu tidur atau bahkan cairan tubuh yang berkurang selama tidur. Nah, Anda bisa mengonsumsi air putih sebelum tidur atau tidur lebih awal agar waktu tidur ideal dapat tercukupi.

Mengurangi gejala flu

Minum air putih sebelum tidur, terutama air putih hangat, bisa meredakan demam dan hidung tersumbat akibat flu yang sering kali mengganggu tidur. Konsumsi air putih yang cukup sebelum tidur dinilai bisa meningkatkan kualitas tidur penderita flu dan membantu pemulihan.

Populer video

Berita lainnya