Selain Menyebarkan, Ini Manfaat Rutin Mengonsumsi Jus Stroberi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Jus Stroberi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Buah-buahan mengandung vitamin dan mineral penting yang sangat bermanfaat, salah satunya stroberi. Buah yang satu ini memiliki rasa manis dan asam. Sementara untuk kandungannya, stroberi kaya akan kalium, folat, zat besi, vitamin C, magnesium, dan antioksidan.

Selain mengonsumsinya langsung, Anda bisa menikmati stroberi dengan cara membuat jus. Tentunya banyak manfaat yang didapat jika jus stroberi dikonsumsi tidak disertai dengan perasa, pengawet, maupun pemanis buatan. Melansir laman halodoc, berikut beberapa manfaatnya:

Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi buah maupun jus stroberi ternyata membantu menjaga kesehatan organ jantung. Konsumsi buah satu ini juga membantu mengurangi risiko kolesterol tinggi, hipertensi, hingga peradangan yang terjadi pada pembuluh darah. Khasiat ini berkat kandungan kalium dan antosianin yang berperan sebagai antioksidan pada buah strawberry.

Meningkatkan imunitas tubuh

Mengonsumsi stroberi 150 gram setiap hari, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian yang dibutuhkan tubuh. Dengan terpenuhinya asupan vitamin C, efeknya adalah sistem imunitas tubuh yang turut meningkat. Bahkan, mengonsumsi buah stroberi secara rutin akan semakin meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh. Alhasil, tubuh kamu senantiasa sehat dan lebih cepat sembuh saat terinfeksi penyakit tertentu.

Mencegah munculnya tanda penuaan dini

Kandungan asam elagik dan vitamin C pada buah satu ini diyakini efektif untuk menunjang kesehatan kulit. Kedua senyawa tersebut bekerja aktif untuk melawan efek radikal bebas yang dapat memicu kerusakan kolagen. Selain mengonsumsi sebagai jus, Anda juga bisa menjadikan stroberi sebagai bahan alami untuk membuat masker wajah.

Mencegah risiko terserang katarak

Efek baik dari buah stroberi adalah mendukung mata lebih sehat sekaligus mengurangi risiko katarak dan penyakit yang terjadi karena degenerasi makula. Ini karena kandungan vitamin C pada buah strawberry. Tak hanya memerangi radikal bebas, kandungan tersebut juga mendukung produksi kolagen yang menjadi senyawa pembentuk struktur kornea mata.

Mengurangi risiko kanker

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada stroberi juga efektif untuk mengurangi risiko pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Tentunya ini bisa didapat dengan dibarengi pola hidup dan pola makan yang seimbang. Untuk manfaat yang lebih optimal, pastikan jus yang Anda minum tanpa tambahan pengawet, perasa, atau pemanis buatan. Sebab, hal tersebut justru membuat manfaat buah stroberi jadi menurun.

Populer video

Berita lainnya