Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Alami Kencangkan Kulit Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Semua wanita pasti ingin memiliki kulit sehat dan kenyal. Di sisi lain, semakin bertambahnya usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya sehinggat terlihat kendur dan berkeriput. Tak perlu khawatir! Ternyata ada cara alami untuk mengindari hal tersebut. Dilansir dari laman klikdokter, berikut cara alami mengencangkan kulit.

Bersihkan kulit

Luangkan waktu anda untuk membersihkan kulit, terutama setelah seharian menjalani aktivitas di luar rumah. Sebab, Kotoran, debu, polutan, atau mikroorganisme yang menempel dapat menggangu metabolisme sel. Sehingga kulit tidak dapat menyerap nutrisi yang seharusnya dan menjadi mudah kendur. Selelah apa pun, sebaiknya anda tetap bersihkan kulit wajah dan tubuh.

Eskfoliasi

Penumpukan kulit mati akan membuat kulit anda terlihat kusam. Eksfoliasi secara teratur akan mengangkat lapisan sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel kulit baru. Sehingga kemampuan kulit untuk menyimpan air akan meningkat. Dengan begitu kelembapan dan elastisitas kulit akan menjadi terjaga.

Gunakan pembersih yang mengandung butiran scrub ataupun dengan handuk kecil untuk proses eksfoliasi. Atau bisa juga dengan menggunakan hidroxy acid atau retinoid.

Gunakan pelembap

Setelah membersihkan kulit, ingatlah untuk selalu mengakhirinya dengan menggunakan pelembap. Pasalnya, pelembap akan menutrisi dan menghidrasi, sehingga kulit tetap sehat dan tidak mudah kendur.

Pijat wajah

Memijat wajah berguna untuk merelaksasi otot wajah dan memperlancar sirkulasi darah. Dengan melakukannya, kulit bisa mendapatkan nutrisi yang cukup, sehingga racun yang tidak dibutuhkan dapat dilepaskan. Bila dilakukan secara teratur, kulit akan menjadi lebih elastis dan kencang.

Olahraga

Olahraga memiliki kontribusi untuk kesehatan kulit. Gerakan tubuh yang dilakukan dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengencangkan otot serta kulit di atasnya. Untuk otot wajah, lakukan gerakan pipi dan mulut seperti meyebut huruf “X” dan “O”. Facial exercise ini dapat anda lakukan kapan saja dan di mana saja.

Pola makan seimbang

Terapkan pola makan yang seimbang. Tingkatkan konsumsi protein dan asam lemak esensial, seperti susu, tahu, keju, kacang-kacangan, dan ikan. Jangan lupa untuk mengurangi konsumsi gula dan lemak tersaturasi.

Perbanyak buah dan sayuran yang kaya antioksidan untuk melawan efek buruk radikal bebas. Ini akan memenuhi kebutuhan nutrisi dan cairan kulit yang dibutuhkan untuk menjaga kolagen dan elastin kulit. Kulit Anda pun akan menjadi lebih sehat dan kencang.

Memenuhi cairan tubuh

Kurang cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan kulit mengendur. Oleh karena itu, minum air yang cukup dapat menjaga kulit agar tetap kencang. Selain itu, minum air yang cukup juga membantu mengeluarkan racun yang tidak dibutuhkan tubuh.

Memakai tabir surya

Paparan sinar matahari dapat mengurangi kolagen dan elastin. Ketika kekurangan komponen ini, kulit akan kehilangan elastisitasnya dan menjadi kendur. Maka dari itu, biasakan untuk selalu memakai tabir surya.

Istirahat

Jikan ingin kulit anda tetap kencang, maka perhatikan waktu istirahat anda. Sebab, kurang tidur akan membuat kulit lebih mudah kendur. Di saat anda tidur, sel tubuh akan memulihkan diri, beregenerasi, dan tubuh akan menghasilkan zat yang dibutuhkan oleh kulit agar tetap kenyal dan elastis.

Populer video

Berita lainnya