Ini 5 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Sistem Imun Tubuh
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Penting untuk menjaga sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan serangan virus, bakteri, jamur, hingga parasit masuk ke dalam tubuh. Terlebih di musim penghujan seperti sekarang ini. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang. Kira-kira apa saja makanan sehat tersebut? Melansir laman halodoc, berikut uraiannya.

Buah citrus

Vitamin C diketahui dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga diperkirakan dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang menjadi kunci tubuh dalam melawan infeksi. Karenanya, pastikan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti buah-buahan citrus. Mulai dari jeruk bali, jeruk nipis, hingga lemon.

Bayam

Beberapa sayuran berdaun hijau kaya akan nutrisi penting yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satunya adalah bayam yang memiliki kandungan antioksidan, flavonoid, vitamin C dan vitamin E. Perlu diketahui bahwa vitamin C dan E dapat membantu menjaga sekaligus meningkatkan sistem imun tubuh.

Menariknya, kandungan flavonoid pada bayam juga dapat membantu mencegah pilek. Namun, pastikan untuk memasaknya tidak terlalu lama, agar kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak rusak.

Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan beta karoten, yaitu sejenis antioksidan yang memberi warna oranye pada kulit ubi. Beta karoten sendiri merupakan sumber vitamin A yang baik. Vitamin ini dapat membantu membuat kulit tetap sehat, bahkan dapat memberi perlindungan terhadap kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet berlebih.

Bawang putih

Sebuah tinjauan ilmiah yang dipublikasikan pada tahun 2014 menunjukkan, mengonsumsi suplemen bawang putih yang mengandung allicin mengurangi risiko terkena flu. Namun, para peneliti menyimpulkan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan, untuk menentukan apakah bawang putih dapat membantu mencegah pilek atau tidak.

Paprika merah

Paprika merah mengandung hampir tiga kali lebih banyak vitamin C (127 miligram) dibandingkan jeruk Florida yang memiliki 45 miligram vitamin C. Selain itu, paprika merah juga mengandung zat beta karoten yang tinggi. Karenanya, makanan ini dapat menjadi salah satu peningkat daya tahan tubuh yang perlu dikonsumsi. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi juga diketahui dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Populer video

Berita lainnya