Cari Tahu Manfaat Spa bagi Kesehatan Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Spa bagi Kesehatan Tubuh
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Lelah setelah menjalani aktivitas seharian penuh? Anda bisa mencoba perawatan di spa untuk mengembalikan kesegaran tubuh. Biasanya di tempat perawatan spa, anda akan mendapat tawaran beragam jenis perawatan. Mulai dari sauna, berendam di air hangan, pijat, hingga waxing.

Tidak sekadar membuat anda merasa nyaman dan rileks, perawatan spa juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari laman ALODOKTER, berikut ini beberapa manfaat spa untuk kesehatan.

Memberi efek relaksasi

Pada umumnya perawatan spa memadukan pijat, aromaterapi, mandi berendam di air hangat, dengan suasana nyaman, yang mampu membuat tubuh dan pikiran merasa rileks dan tenang. Efek ini diduga berkat manfaat spa yang dapat merangsang produksi hormon endorfin di dalam tubuh.

Mengurangi nyeri dan ketegangan otot

Selain membuat tubuh rileks, pijatan yang dilakukan terapis di spa bisa mengurangi nyeri punggung, sakit kepala, serta meringankan nyeri akibat osteoarthritis serta efek samping pengobatan kanker.

Pijatan juga dipercaya dapat melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi ketegangan dan nyeri pada otot yang kaku. Jika tubuh anda merasa pegal-pegal dan kurang berenergi, tidak ada salahnya mencoba perawatan spa.

Membersihkan dan mencerahkan kulit

Seiring waktu kulit akan kehilangan elastisitas dan kelenturannya, sehingga muncul tanda penuaan kulit seperti keriput dan kulit kering. Salah satunya penyebabnya adalah berkurangnya jumlah kolagen.

Guna membuat kulit tampak segar, anda bisa memilih spa facial atau perawatan spa khusus yang menggunakan produk anti-aging. Terapiini dipercaya dapat merangsang produksi kolagen, sehingga membuat kulit tampak lebih muda, sehat, dan bercahaya.

Menjaga kesehatan jantung

Biasanya perawatan spa dilengkapi dengan ruangan khusus yang menggunakan alat pemanas atau sauna. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rutin berelaksasi dengan sauna dua kali seminggu dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung dan tekanan darah tinggi. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang manfaat spa yang satu ini.

Membuat tidur lebih nyenyak

Jika anda mengalami gangguan tidur, cobalah lakukan perawatan spa. Melakukan perawatan spa dipercaya bisa membuat tidur lebih nyenyak. Sebab, pijatan terapis bisa membuat anda merasa tenang dan nyaman, serta memperbaiki kualitas tidur.

Meskipun ada banyak manfaat spa yang didapat, anda harus cermat saat memilih tempat spa. Pilihlah tempat spa yang selalu menjaga kebersihan dan rutin membersihkan perlatan spa. Jika tidak, bisa saja tempat spa menjadi tempat penularan kuman, virus, dan jamur, terutama pada spa yang kebersihannya tidak terjaga.

Populer video

Berita lainnya