Selain Seru dan Menyenangkan, Ini Manfaat Olahraga Trampolin yang Bikin Sehat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Olahraga Trampolin
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selain seru dan menyenangkan, ternyata olahraga trampolin juga memiliki banyak manfaat. Olahraga ini termasuk latihan aerobik yang berfungsi untuk memperkuat seluruh otot tubuh dan meningkatkan oksigen dalam darah.

Selain itu, olahraga trampolin merupakan cara yang menyenangkan untuk meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan daya tahan, dan menghilangkan stres. Melansir laman halodoc, berikut manfaat olahraga trampolin bagi kesehatan tubuh.

Membangun Kekuatan

Saat melompat, Anda menggunakan seluruh momentum tubuh, yang memaksa semua otot yang berbeda untuk bekerja secara bersamaan. Semua gerakan naik-turun saat melompat di atas trampolin membuat semua otot bekerja. Mulai dari perut dan bokong hingga otot kaki dan punggung, sehingga membangun otot inti yang kuat.

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Seiring bertambahnya usia, tulang menjadi lebih rapuh, Oleh karena itu, sangat penting untuk mulai melakukan latihan yang akan meningkatkan kepadatan tulang, salah satunya olahraga trampolin. Sebab, olahraga ini dapat memberi manfaat pada peningkatan kepadatan tulang. Terutama tulang pinggul dan tulang belakang. Tulang yang kuat dapat membantu kamu terhindar dari osteoporosis di kemudian hari.

Memperbaiki Keseimbangan Tubuh

Keseimbangan tubuh sangat penting untuk menurunkan kemungkinan cedera saat jatuh. Kegiatan melompat di atas trampolin diketahui dapat meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan keterampilan motorik yang lebih baik. Ini sangat penting bagi orang-orang yang berisiko jatuh.

Baik untuk Jantung

Aktivitas kardio seperti olahraga trampolin dapat memperkuat otot-otot jantung, dan mengurangi jumlah pekerjaan yang harus dilakukan tubuh untuk memompa darah. Ini dapat menurunkan:

  • Detak jantung istirahat.
  • Kadar kolesterol.
  • Kadar trigliserida.
  • Semua kondisi tersebut tentu saja merupakan kabar baik bagi kesehatan jantung secara keseluruhan.

Meredakan Stres

Aktivitas melompat dalam olahraga trampolin secara khusus memiliki manfaat sebagai penghilang stres karena dampak uniknya pada tubuh. Melompat membuat Anda berulang kali tegang dan melepaskan otot-otot, yang baik untuk sirkulasi tubuh. Setelah selesai melompat, otot-otot akan kendur dan rileks.

Membantu Penurunan Berat Badan

Melompat di trampolin dalam ruangan selama satu jam akan membakar lebih banyak kalori daripada latihan biasa. Pantulan berulang pada trampolin akan sangat membantu mengurangi lemak dan menurunkan berat badan. Selain itu, olahraga trampolin juga membantu meningkatkan kontrol kandung kemih menggunakan beberapa latihan sederhana.

Populer video

Berita lainnya