Begini Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Gigi Sehat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Banyak faktor yang menyebabkan warna gigi berubah menjadi kuning. Mulai dari kebiasaan mengonsumsi kopi, merokok, pola makan tinggi gula, hingga faktor usia. Bagi sebagian orang, perubahan warna gigi dapat menurunkan kepercayaan diri. Melansir laman sehatQ, cara menghilangkan gigi kuning secara alami yang bisa Anda coba lakukan.

Pasta gigi dengan kandungan soda kue dan hidrogen peroksida

Klaim ini didukung sebuah penelitian di The Journal of Clinical Dentistry. Studi tersebut mengungkapkan bahwa pasta gigi dengan kandungan kedua bahan di atas mampu mengurangi noda dan meningkatkan warna putih gigi. Di samping itu, Anda juga bisa mencampurkan soda kue dan hidrogen peroksida secara langsung.

Cara memutihkan gigi dengan baking soda dapat dilakukan dengan mencampurkan 1 sendok makan soda kue dan 2 sendok makan hidrogen peroksida. Selanjutnya, gunakan campuran bahan tersebut untuk menggosok gigi.

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C

Sebuah studi dari Journal of Clinical Periodontology mengungkapkan, defisiensi vitamin C dapat memperparah peridontitis, yaitu penumpukan bakteri pada gigi dan gusi, yang berkontribusi terhadap perubahan warna gigi. Namun, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan apakah vitamin C memiliki efek memutihkan pada gigi.

Jeruk nipis

Anda hanya perlu mencampurkan sejumput soda kue dan beberapa tetes air perasan jeruk nipis. Selanjutnya, gosok gigi dengan campuran kedua bahan tersebut dan diamkan selama 5-10 menit. Setelah itu bersihkan mulut dan gigi Anda dengan air bersih.

Meski demikian, belum ada studi yang bisa membuktikan efektivitas cara memutihkan gigi yang kuning dan berkarang ini.

Minyak kelapa

Dalam sebuah riset menunjukan, berkumur dengan minyak kelapa dipercaya efektif mengurangi penumpukan plak. Perlu dipahami bahwa penumpukan plak pada gigi kerap menyebabkan gigi kuning. Namun masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan keampuhan minyak kelapa sebagai cara memutihkan gigi secara alami.

Makanan berserat tinggi

Makanan berserat tinggi, seperti sayuran dan legume, dipercaya sebagai cara menghilangkan kuning di gigi karena mampu menetralisir asam pada mulut dan menjaga enamel gigi. Selain itu, kacang-kacangan atau sayuran hijau seperti bayam yang mengandung serat, juga bisa merangsang produksi air liur untuk membersihkan asam di dalam mulut.

Kulit pisang

Kulit pisang mengandung mineral, seperti magnesium, mangan dan kalium, yang diyakini dapat menyerap ke dalam permukaan gigi dan membuatnya terlihat memutih.

Cara mempraktikkannya cukup mudah, Anda dapat langsung menggosok bagian bawah kulit pisang ke gigi dan diamkan selama 10 menit. Kemudian gosok gigi menggunakan pasta gigi seperti biasa.

Wortel

Selain mata, wortel juga baik untuk kesehatan gigi Anda. Mengonsumsi sayuran berwarna jingga ini dianggap mampu mengangkat plak yang ada di gigi. Bahkan, beberapa orang percaya bahwa menggosok wortel ke gigi dapat membuatnya terlihat lebih cerah.

Wortel juga dipercaya memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri dengan cara menjaga kestabilan asam dan alkali di dalam mulut. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memperkuat klaim di atas.

Populer video

Berita lainnya