Ini Akibat Kurang Minum Air Putih, Ketahui Ciri-cirinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Minum Air Putih
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Memenuhi cairan tubuh setiap harinya sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebab, sekitar 60% tubuh manusia terdiri dari cairan. Setidaknya, pada orang dewasa, sekurang-kurangnya membutuhkan minum 8 gelas yang berukuran 230 ml per hari atau 2 liter air putih setiap harinya.

Akibat kurang minum air putih pun tidak bisa disepelekan. Tak hanya merasa haus, kurang minum bisa menimbulkan dehidrasi dan gangguan fungsi tubuh, bahkan mengancam jiwa. Melansir laman sehatQ, yuk kenali lebih jauh tentang efek kurang minum air putih pada tubuh beserta ciri-cirinya berikut ini.

Dehidrasi

Ini merupakan penyakit akibat kurang cairan atau minum air putih yang paling umum. Dehidrasi bisa menyebabkan berbagai masalah pada tubuh, baik jangka pendek maupun jangka panjang, hingga mengancam jiwa. Dehidrasi ringan dalam jangka pendek bisa menyebabkan seseorang mengalami mual, sakit kepala, dan beberapa gejala lain.

Namun, dehidrasi kronis jangka panjang bisa menyebabkan penurunan fungsi ginjal, munculnya batu ginjal, hipertensi, infeksi saluran kemih, hingga demensia.

Diabetes

Orang yang dehidrasi akan merasa ingin sekali mengonsumsi makanan manis. Hal ini terjadi karena liver mengalami masalah dalam memecah glikogen menjadi glukosa untuk aliran darah. Lagi-lagi, terganggunya sistem ini terjadi karena kurang cairan. Apabila dibiarkan dalam jangka panjang, bukan tidak mungkin konsumsi gula menjadi berlebihan. Walhasil, penyakit diabetes pun bisa mengintai.

Sakit kepala

Merasakan nyeri di kepala juga bisa menjadi akibat kurang minum air putih. Rasa nyeri ini bisa terasa ringan hingga benar-benar mengganggu. Sakit kepala terjadi karena otak mengalami penyusutan sementara karena kurangnya asupan cairan.

Rasa kantuk berlebihan

Dalam penelitian di Inggris pada tahun 2015 lalu, satu dari setiap lima pasien yang kekurangan cairan akan merasa sangat mengantuk. Namun, rasa kantuk ini tidak sesederhana bisa hilang dengan tidur sejenak. Tubuh akan terasa lelah dan kurang bertenaga.

Bau mulut

Ketika mulut kering karena kurang minum air putih, maka bakteri di rongga mulut akan berkembang biak secara berlebihan dari jumlah normal yang seharusnya. Akibatnya, timbul bau mulut atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai halitosis.

Kulit kering

Akibat kurang minum air putih bagi wajah adalah menyebabkan kulit kering. Berbeda dengan kondisi kulit orang dengan tipe kulit kering, mereka yang mengalami kulit kering akibat kurang cairan akan cenderung merasakan gatal dan rentan iritasi.

Sulit berkonsentrasi

Sering lupa apa yang akan dilakukan atau kurang selaras antara apa yang diucapkan dan dipikirkan bisa jadi efek kurang minum air putih. Sebuah studi memperlihatkan bahwa seseorang yang mengalami dehidrasi ringan lebih sulit berkonsentrasi, bahkan untuk tugas-tugas sederhana.

Sakit pinggang

Efek kurang minum air putih yang jarang diketahui salah satunya adalah sakit pinggang. Ini terjadi karena saat kekurangan cairan, tubuh tidak memiliki cukup air untuk mengembalikan kelenturan bantalan tulang belakang, sehingga bisa menyebabkan nyeri. Bantalan tulang akan menipis dan tidak lagi mampu meredam guncangan.

Populer video

Berita lainnya