Mengenal Jenis-Jenis Tanda Lahir

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tahi Lalat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Setiap orang umumnya memiliki tanda lahir dengan warna, bentuk, dan ukuran yang berbeda-beda. Namun Hingga kini belum diketahui secara pasti penyebab munculnya tanda lahir. Kondisi ini diduga karena faktor genetik yang diturunkan dari orang tua.

Mungkin sebagian orang merasa risih memiliki tanda lahir, sehingga ingin menghilangkannya. Meski ada beberapa cara untuk menghilangkannya, namun semua itu harus disesuaikan dengan jenis tanda lahir itu sendiri. Dilansir dari laman alodokter, tanda lahir terbagi menjadi dua kelompok besar, yakni;

Tanda lahir pigmen

Tanda lahir pigmen muncul dikarenakan adanya gangguan pada pigmen kulit. Pigmen merupakan zat warna yang menentukan warna kulit tubuh. Tanda lahir pigmen terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

Tahi lalat

Tanda lahir berupa tahi lalat umumnya berukuran kecil dan berwarna cokelat atau kehitaman. Bentuknya bisa datar atau sedikit menonjol dan terkadang ditumbuhi rambut. Tahi lalat yang muncul sejak lahir umumnya tidak berbahaya. Namun, terkadang tahi lalat juga bisa menyerupai kanker kulit.

Ciri-ciri tahi lalat yang perlu dicurigai sebagai kanker kulit adalah bentuknya yang tidak beraturan, tahi lalat yang baru tumbuh dengan warna yang tidak seragam, dan memiliki ukuran lebih dari 6 milimeter dan semakin cepat membesar.

Café au lait (noda kopi susu)

Tanda lahir café au lait menyerupai noda kulit berwarna coklat muda mirip warna kopi susu dan biasanya berbentuk oval. Tanpa penanganan, tanda lahir ini akan terus menetap di kulit.

Tanda lahir café au lait bukanlah hal yang membahayakan. Namun, jika jumlahnya lebih dari 6, tanda lahir ini perlu diperiksakan ke dokter, karena bisa jadi tanda lahir tersebut merupakan tanda neurofibromatosis atau tumor pada jaringan saraf.

Bercak mongol (mongolian spot)

Tanda lahir jenis ini dapat dikenali dengan area kulit yang berwarna biru kelabu (mirip memar) dan biasanya muncul di bagian punggung dan bokong, meski dapat juga muncul di bagian tubuh lain. Bercak Mongol umumnya akan memudar dengan sendirinya tanpa penanganan.

Tanda lahir vaskuler

Tanda lahir vaskuler muncul akibat adanya gangguan atau kelainan pada pembuluh darah di bawah kulit. Beberapa jenis tanda lahir vaskuler yang paling umum ditemui adalah:

Bercak makula

Tanda lahir bercak makula ditandai dengan munculnya bercak berwarna kemerahan pada kulit. Tanda lahir jenis ini umumnya ditemui di bagian dahi, kelopak mata, dan belakang leher. Seperti halnya tanda lahir kebanyakan, bercak makula dapat memudar sendiri, namun bisa juga menetap.

Hemangioma

Hemangioma merupakan tanda lahir berupa bercak yang umumnya berwarna merah terang menyerupai stroberi. Namun bisa juga berwarna biru atau ungu. Tekstur kulit di tempat munculnya bercak ini sama seperti tekstur kulit normal.

Tanda lahir hemangioma dapat muncul di bagian tubuh mana saja dan umumnya tidak berbahaya. Akan tetapi, hemangioma perlu segera diperiksa oleh dokter apabila tanda lahir ini muncul di wajah, sekitar mata, atau bertambah besar dengan cepat dan telah menimbulkan ulkus.

Port-wine stain

Tanda lahir port-wine stain atau nevus flammeus ditandai dengan munculnya bercak seperti warna minuman anggur, yaitu merah muda hingga merah keunguan. Umumnya, tanda lahir ini hanya muncul di satu bagian tubuh saja. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan port-wine stain juga muncul di bagian tubuh lain.

Tanda lahir port-wine stain yang berada di sekitar mata dan kerap dikaitkan dengan masalah penglihatan, seperti glaukoma, juga memerlukan tindakan medis.

Populer video

Berita lainnya