Metode Dokter dalam Menghilangkan Tanda Lahir, Ingin Mencoba?

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Metode Hilangkan Tanda Lahir
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sebagian orang mungkin merasa risih memiliki tanda lahir, sehingga ingin menghilangkannya. Apalagi jika tanda lahir tersebut dapat terlihat secara gamblang oleh orang lain. Namun sebenarnya, sebagian besar tanda lahir tidak berbahaya, dan dapat hilang dengan sendirinya seiring pertambahan usia.

Nah, jika dirasa mengganggu, tanda lahir bisa dihilangkan oleh dokter dengan beberapa metode. Cara menghilangkan tanda lahir pun tidak selalu sama pada tiap pasien. Hal ini perlu disesuaikan dengan jenis tanda lahir yang dimiliki, riwayat kesehatan, hingga kondisi pasien secara menyeluruh. Dilansir dari laman alodokter, berikut ini beberapa cara yang digunakan dokter untuk menghilangkan tanda lahir.

Operasi pengangkatan tanda lahir

Karena berpotensi berubah menjadi kanker kulit, tahi lalat merupakan salah satu jenis tanda lahir yang kerap ditangani dengan metode ini. Operasi cara menghilangkan tahi lalat sebagai tanda lahir bisa dilakukan dengan pembedahan, terapi laser, atau kauterisasi (bedah listrik).

Meski begitu, dokter juga dapat melakukan beberapa metode operasi di atas untuk menghilangkan jenis tanda lahir lainnya, seperti port-wine stain dan café au lait.

Penggunaan kortikosteroid

Hemangioma yang berkembang dengan cepat hingga memengaruhi penglihatan atau organ vital lainnya, dapat diobati dengan pemberian kortikosteroid oral atau suntikan. Obat tersebut diberikan untuk mengecilkan ukuran hemangioma, sehingga hemangioma lama-kelamaan menghilang.

Propranolol

Propranolol merupakan obat yang banyak digunakan untuk mengobati gangguan jantung dan tekanan darah tinggi. Namun, dengan dosis yang disesuaikan, obat ini dianggap efektif dalam memudarkan dan menghilangkan tanda lahir hemangioma.

Namun propranolol juga dapat menimbulkan efek samping berupa batuk kering, diare, tubuh terasa lemas, mual, mata kering, detak jantung menurun, dan rambut rontok.

Populer video

Berita lainnya