Begini Cara Mengatasi Kulit Kepala Sensitif

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mengatasi Kulit Kepala Sensitif
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab kulit kepala sensitif. Mulai dari pola makan yang tak seimbang, salah memilih sampo, paparan polusi, stres, hingga perubahan hormon. Kulit kepala sensitif adalah kondisi ketika kulit kepala terasa terbakar, kesemutan, nyeri, gatal, dan tampak memerah.

Bagi mereka yang mengalami kulit kepala sensitif, kondisi ini mungkin kerap mengganggu. Apalagi jika mengalami gejala yang semakin parah, kulit kepala dapat mengalami hiperaktif. Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut cara mengatasi kulit kepala sensitif berdasarkan penyebabnya.

Memilih sampo sesuai kondisi rambut

Salah satu cara mengatasi kulit kepala sensitif akibat salah memilih sampo dalah menggunakan sampo yang sesuai jenis rambut dan kulit kepala. Dengan begitu, kandungan di dalam sampo bisa melindungi rambut dan kulit kepala dari berbagai masalah.

Anda bisa memilih sampo dengan kandungan alami yang tidak mengiritasi kulit kepala. Selain itu, jangan lupa perhatikan kadar pH sampo guna menjaga tingkat pH alami kulit.

Memanfaatkan minyak esensial

Beberapa minyak esensial, seperti minyak lavender atau minyak rosemary, diklaim dapat membantu meredakan nyeri pada kulit kepala yang sensitif. Namun, anda perlu mencairkan minyak esensial dengan pengencer minyak, seperti minyak almond.
Adapun langkah menggunakan minyak esensial pada kulit kepala sebagai berikut;

  • Campurkan 4 – 6 tetes minyak esensial dengan minyak pembawa.
  • Uji campuran tersebut pada kulit terlebih dahulu (tes uji tempel).
  • Oleskan pada kulit kepala dan pijat lembut.
  • Diamkan selama 15 – 20 menit.
  • Bilas rambut dengan sampo hingga bersih.

Mengelola stres

Stres merupakan salah satu faktor pemicu masalah kulit kepala sensitif. Itu sebabnya, mengelola stres penting dalam meredakan gatal, nyeri, hingga bersisik pada masalah kulit kepala ini. Ada banyak hal yang bisa Anda coba untuk mengelola stres, diantaranya:

  • Melakukan hobi yang disukai,
  • Beristirahat dari pekerjaan sejenak,
  • liburan, hingga
  • Meditasi atau yoga.

Melindungi kulit kepala saat keluar ruangan

Selain memilih sampo, anda dianjurkan untuk melindungi rambut dan kulit kepala yang sensitif saat keluar ruangan pada siang hari. Anda bisa memanfaatkan topi saat bepergian, untuk melindungi kulit kepala dari paparan sinar matahari serta polusi. Bahkan, kini ada beberapa produk perawatan rambut yang mengandung SPF untuk menjaga rambut dan kulit kepala dari sinar UV.

Konsultasi ke dokter

Pada kasus yang parah, kondisi kulit kepala ini bisa disebabkan oleh berbagai masalah atau penyakit kulit, seperti psoriasis atau eksim (dermatitis atopik). Jika anda sudah mencoba berbagai perawatan rumahan dan tak kunjung mereda, segera konsultasikan dengan dokter kulit.

Populer video

Berita lainnya