Ketahui Manfaat Aloe Vera untuk Kulit Wajah Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Memutihkan Wajah dengan Lidah Buaya
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Aloe vera atau lidah buaya merupakan tanaman yang dipecaya sejak lama memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Tak heran banyak produk perawatan kulit wajah, yang mengunganak lidah buaya sebagai salah satu kandungannya.

Manfaat aloe vera untuk wajah diperoleh dari kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin B12, sterol, dan mineral penting yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Selain itu aloe vera juga mengandung aloin, asam salisilat, dan enzim bradikinin yang dapat mencegah serta mengatasi berbagai masalah kulit wajah.

Manfaat aloe vera bisa didapat bila digunakan secara rutin. Melansir laman Alodokter, simak beberapa manfaat aloe vera untuk wajah.

Melembapkan kulit

Aloe vera adalah tanaman yang sebagian besar kandungannya terdiri atas air. Berkat kandungan itu, aloe vera menjadi bahan pelembap alami untuk mengatasi masalah kulit kering, sehingga wajah terhidrasi dengan baik.

Selain itu, kandungan vitamin E di dalam aloe vera juga dapat menjaga kelembapan kulit dan membuat wajah menjadi halus.

Mengatasi luka terbakar sinar matahari

Sunburn terjadi ketika radiasi sinar ultraviolet (UV) merusak sel kulit. Kondisi ini memicu munculnya gejala berupa kemerahan dan nyeri pada kulit wajah. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan gel aloe vera.

Manfaat aloe vera untuk masalah ini diperoleh berkat kandungan senyawa aloin di dalam lidah buaya yang memiliki sifat antiperadangan. Senyawa ini dapat mengurangi kemerahan dan mencegah pengelupasan kulit akibat sunburn.

Meredakan jerawat

Aloe vera dapat membantu meredakan jerawat dan bekasnya. Hal ini diperoleh dari kandungan asam salisilat yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengobati jerawat yang meradang, sekaligus membuka pori-pori yang tersumbat.

Selain itu, aloe vera juga mengandung sterol yang dapat meningkatkan produksi kolagen, sehingga mampu menghilangkan bekas jerawat dan menjaga kulit tetap kenyal.

Mengatasi iritasi kulit

Penyakit kulit, seperti eksim, psoriasis serta rosacea, dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Guna mengatasi sekaligus menjaga kulit tetap lembap, Anda bisa memanfaatkan aloe vera. Manfaat aloe vera untuk wajah ini didapat berkat enzim bradikinase dalam lidah buaya yang bersifat antiradang.

Mencegah keriput

Menggunakan aloe vera sebagai pelembab wajah dapat membantu merangsang produksi kolagen dan elastin. Keduanya dapat meningkatkan kekenyalan serta kelembapan kulit wajah. Dengan begitu, wajah menjadi lebih kencang, awet muda, dan bebas kerutan bahkan keriput.

Populer video

Berita lainnya