Cara Menghadapi Rekan yang Ingin Menjatuhkan Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Rekan Kerja
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Rekan kerja di kantor bisa membuat pekerjaan Anda semakin ringan, atau sebaliknya. Bisa jadi rekan kerja justru menjadi sosok yang membuat Anda terpuruk di kantor. Tak dipungkiri, fenomena saling sikut dan menjatuhkan memang terjadi dalam dunia kerja.

Berhadapan dengan rekan yang demikian, sedikit banyak akan mengganggu kesehatan mental. Selain itu, produktivitas Anda juga akan terganggu. Jika itu terjadi, cobalah cari cara untuk menghadapi rekan kerja yang ingin menjatuhkan Anda. Melansir laman sehatQ, begini cara menghadapinya.

Jangan dipedulikan

Cara menghadapi rekan kerja yang membenci Anda adalah jangan mempedulikan setiap hal yang dia lakukan. Kerjakan apa yang memang menjadi tugas Anda. Namun, bukan berarti Anda cuek dengan orang tersebut. Berusahalah lebih peka terhadap lingkungan kerja. Pahami orang yang memang menjadi rekan kerja atau mereka yang bisa merugikan Anda.

Membuat catatan setiap hari

Kesalahan akan membuat rekan kerja yang ingin menjatuhkan Anda merasa senang. Jadi, cobalah meminimalkan hal tersebut dengan membuat catatan setiap harinya. Tulis semua hal penting yang wajib dilakukan. Catat jadwal meeting atau acara penting lainnya supaya tidak terlewat. Lalu, buat juga catatan pekerjaan yang harus dilakukan beserta dengan deadline-nya.

Hindari konflik dan masalah

Rekan kerja yang ingin menjatuhkan akan melakukan segala macam agar Anda terlihat buruk. Mereka tidak segan berkonflik konflik dengan Anda. Untuk itu, sebisa mungkin hindari konflik dengannya. Langkah ini bisa membuat image Anda lebih terjaga. Namun jika terlanjur terjadi konflik, selesaikanlah dengan baik. Cobalah berusaha mencari solusi ketimbang siapa yang salah.

Bicarakan dengan baik

Anda bisa melakukan hal aktif sebagai cara menghadapi rekan kerja yang berniat buruk. Anda bisa memulai untuk berbicara secara baik-baik. Bicarakan hal-hal yang menurut Anda tidak nyaman dari sikap atau perilaku di tempat kerja. Pastikan juga suasana obrolan nyaman dan tenang agar hal yang dibicarakan pesan Anda tersampaikan.

Profesional

Anda harus tetap menjunjung tinggi profesionalitas. Jangan membawa masalah dengan rekan kerja ke dalam pekerjaan. Tetap kerjakan semua yang sudah menjadi kewajiban Anda di kantor. Jangan juga membuat masalah yang terjadi membuat produktivitas Anda mengendur.

Bicarakan kepada atasan

Langkah lain yang bisa Anda lakukan adalah membicarakan hal ini kepada atasan. Pemimpin yang baik akan mencoba mencari solusi atas masalah yang Anda hadapi. Pastikan solusi yang diberikan saling menguntungkan kedua belah pihak. Hal ini akan menghindari konflik baru yang muncul setelahnya.

Selalu berpikir positif

Berpikir positif bisa membantu menjaga kesehatan mental Anda di tempat kerja. Anda juga bisa mengajukan cuti jika memang pekerjaan dan konflik dengan rekan kerja sudah memuncak. Tenangkan sejenak pikiran sebelum mulai kembali bekerja.

Populer video

Berita lainnya