Lebih Sehat di Tahun Baru, Begini Tips Memulai Kebiasaan Berolahraga

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Olahraga
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tahun baru resolusi baru, penting membuat harapan positif untuk bagi kesehatan fisik dan mental. Contohnya menargetkan menerapkan pola hidup sehat di tahun 2023 ini. Salah satunya dengan olahraga secara rutin.

Namun, tidak semua orang dapat membentuk kebiasaan atau rutinitas yang konsisten dalam hal ini. Karenya perlu untuk mengetahui beberapa tips untuk memulai kebiasaan olahraga di tahun baru 2023. Melansir laman halodoc, simak penjelasan berikut ini.

Periksakan kondisi kesehatan

Tips paling awal untuk membentuk kebiasaan berolahraga adalah dengan terlebih dahulu memeriksakan kondisi kesehatan fisik. Apalagi jika ingin mencoba aktivitas fisik yang berat atau intens.

Pemeriksaan dini dapat mendeteksi masalah atau kondisi kesehatan yang dapat membuat tubuh berisiko mengalami cedera saat berolahraga. Pemeriksaan kesehatan juga dapat membantu untuk mengetahui jenis olahraga yang tepat dan mengoptimalkan manfaatnya.

Mulai dengan olahraga yang diminati

Mulai berolahraga dengan jenis olahraga yang diminati. Hal ini akan membuat olahraga terasa lebih menyenangkan sehingga tidak mudah bosan. Dengan begitu, aktivitas fisik dilakukan dapat memberikan hasil yang optimal.

Dimulai dengan 30 menit setiap hari

Terlalu memaksakan diri berolahraga tidaklah baik karena dapat membuat bosan dan kelelahan. Jika Anda masih pemula, batasilah durasi olahraga 30-45 menit sehari. Sebab, yang terpenting bukan berapa lama durasi saat berolahraga, melainkan konsistensi dalam membuatnya sebagai kebiasaan sehat.

Buat tujuan yang realistis

Saat mulai berolahraga secara teratur, cobalah membuat rencana yang mencakup langkah dan tujuan yang ingin dicapai. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan membuat target.

Jika terbiasa berlari lima kilometer, Anda bisa membuat target seperti peningkatan jarak tempuh atau pengurangan durasi selama berlari pada jarak tersebut. Memulai dengan target kecil yang dapat dicapai tentunya dapat membuatmu tetap termotivasi saat berolahraga.

Konsumsi pola makan bergizi seimbang

Pastikan juga untuk mengombinasikan olahraga dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang. Sebab, tubuh juga membutuhkan berbagai nutrisi penting guna mendukung fungsinya dengan baik. Sebab, makanan sehat dengan gizi seimbang dapat memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk tetap aktif sepanjang hari.

Selain itu, nutrisi yang diperoleh dari makanan sehat juga dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan otot dan membantunya tetap kuat dan sehat.

Populer video

Berita lainnya