Ketahui Bahan Pengganti Micin yang Bikin Masakan Jadi Gurih

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Membuat masakan terasa gurih dan lezat tak harus selalu mengandalkan micin atau MSG. Meski micin atau MSG aman dikonsumsi dalam batas yang wajar, namun ada sebagian orang yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap micin.

Karenanya, ibu-ibu perlu mengetahui bahan pengganti micin ini bisa membuat hidangan jadi nikmat dan tentunya lebih sehat. Rasa yang dihasilkan pun tak kalah gurih. Nah berikut ini 4 bahan pengganti micin ini dijamin bikin masakan semakin lezat.

Ikan teri

Ikan teri adalah salah satu ikan yang mengandung glutamat tertinggi dan sangat baik dalam banyak hidangan yang dimasak. Jika rasa amis tidak sesuai dengan keinginan Anda, jangan takut, rasa ikan tidak terdeteksi setelah dimasak. Anda juga bisa membuat bubuk dari ikan teri ini supaya lebih praktis.

Garam

Garam kedengarannya bukan pilihan cadangan yang sangat kreatif untuk MSG, tetapi merupakan penambah rasa yang sangat efektif. Jenis garam yang digunakan berperan besar dalam kesuksesan hidangan Anda. Gunakan garam laut untuk hasil terbaik.

Kaldu sapi

Kaldu buatan sendiri melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk meningkatkan umami dalam makanan. Faktanya, rasa dagingnya sangat mirip dengan MSG. Itu karena keduanya mengandung glutamat tingkat tinggi, asam amino yang ditemukan dalam protein daging.

Jika Anda tidak punya waktu untuk membuat kaldu buatan sendiri, Kubus kaldu sapi, atau kubus kaldu, dapat ditambahkan ke air untuk pilihan yang cepat dan mudah. Namun perlu diingat untuk memeriksa label produk, karena mungkin mengandung MSG yang justru mengalahkan tujuannya.

Kecap asin

Ini adalah saus kaya umami yang bisa ditambahkan ke tumisan, casserole, dan sup. Kecap asin memberikan rasa gurih asin pada hidangan dan biasanya ditemukan di hampir semua supermarket.

Bumbu penyedap rasa lain yang bisa Anda gunakan adalah saus tiram atau saus ikan. Namun gunakan secukupnya karena dapat dengan mudah memberi garam pada hidangan apa pun.

Populer video

Berita lainnya