Buat Anda yang Introvert, Simak Tips Menjalin Hubungan Pertemanan Baru

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Introvert
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bagi orang yang memiliki kepribadian introvert, mereka biasanya lebih suka menghabiskan waktu sendirian, atau dengan segelintir orang yang memang sudah dikenal dengan baik. Hal itu berbanding terbalik dengan mereka yang estrovert, yang lebih suka berinteraksi dengan banyak orang.

Mengingat manusia adalah makhluk sosial, atau istilah yang digunakan oleh Aristoteles dengan sebutan zoon politicon, tentu setiap orang butuh menjalin sebuah pertemenan. Jika memiliki kepribadian extrovert mungkin ini bukanlah hal sulit. Tapi bagi mereka yang extrovert, menjalin pertemanan baru bukan perkara mudah.

Nah, jika anda termasuk memiliki kepribadian introvert dan ingin memulai pertemanan baru, tak perlu bingung. Melansir dari laman alodokter, berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mempermudah mendapat teman baru.

Pahami alasan mencari teman

Sebelum memulai menjalin pertemanan baru, cobalah pahami alasan mengapa anda harus melakukannya. Tanyakan pada diri sendiri apa tujuan anda melakukan hal tersebut, apakah itu sebagai relasi atau koneksi baru, kepentingan pekerjaan, atau ingin menambah wawasan baru. Apa pun alasannya, cobalah untuk merasa nyaman menjadi diri sendiri. Mulailah menyapa orang baru dengan ramah dan percaya diri, ya.

Utamakan kualitas daripada kuantitas pertemanan

Jika seorang extrovert bisa lebih cepat menjalin hubungan dengan orang yang baru ditemui karena energinya dari berbincang dengan orang lain. Sementara anda yang introvert, mungkin akan kehabisan energi ketika harus berinteraksi dengan orang lain.

Jadi, pastikan anda tetap mementingkan kualitas pertemanan daripada kuantitasnya. Dengan begitu, hubungan pertemanan yang baru kamu ciptakan pun bisa lebih bermakna.

Mencari teman dengan minat yang sama

Mencari teman baru yang memiliki minat dan hobi yang sama akan mempermudah anda untuk membuka obrolan karena memiliki ketertarikan yang sama. Faktanya, persamaan minat ini bisa menjadi salah satu cara untuk menciptakan pertemanan yang langgeng dan menarik.

Misalnya, jika anda hobi fotografi, cobalah cari orang baru yang sama-sama memiliki hobi fotografi. Untuk memulai pembicaraan, anda bisa bertanya soal cara mengolah foto, atau kamera apa yang ia gunakan.

Jangan takut mencoba hal baru

Anda bisa mulai mencoba hal baru untuk menemukan lingkup pertemanan yang lebih luas. Terlebih, jika minat yang anda miliki saat ini tidak memberikan banyak kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang lain. Selain menyenangkan, mencoba hal baru juga dapat meningkatkan kinerja dan kesehatan otak, seperti kemampuan berpikir, konsentrasi, mengingat, mengambil keputusan, dan memecahkan masalah.

Tingkatkan rasa percaya diri

Beberapa orang introvert kadang kala merasa kurang percaya diri saat bertemu atau berhadapan dengan orang baru, sehingga enggan menjalin pertemanan. Cobalah untuk berpikir positif dan tingkatkan rasa percaya diri. Ingat, setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Yakinlah pada kelebihan yang anda miliki sebagai seorang introvert.

Populer video

Berita lainnya