Awas! Ini Bahayanya Menggunakan Handuk Kotor

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Handuk
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kebersihan handuk sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi, handuk sering luput dari perhatian karena dianggap hanya untuk mengeringkan badan saja setelah mandi. Padahal, handuk bisa juga menjadi sarang kuman yang dapat mengganggu kesehatan Anda.

Kondisi handuk yang lembap, basah, dan tidak kering sempurna akan menjadi media yang baik untuk pertumbuhan jamur atau parasit. Terlebih apabila handuk terlalu lama tidak dicuci atau diganti, bukan tak mungkin Anda berisiko terkena penyakit infeksi. Melansir laman klikdokter, berikut ini bahaya handuk kotor yang perlu Anda waspadai.

Infeksi

Mengelap tubuh dengan handuk kotor bisa meningkatkan risiko infeksi. Ketika Anda menggosok tubuh kuat-kuat dengan handuk, kulit bisa terkelupas hingga lecet. Nah, lecet atau luka, bahkan yang tak kasatmata, bisa menjadi pintu masuk bakteri ke dalam tubuh.

Infeksi jamur

Salah satu bahaya penggunaan handuk kotor yang mesti Anda waspadai, yaitu infeksi jamur pada kulit. Risiko ini bisa semakin tinggi apabila handuk kotor yang Anda gunakan cenderung dalam keadaan basah atau lembap lantaran tidak dijemur dengan baik.

Timbulnya jerawat

Saat menggunakan handuk kotor, khususnya jika digosokkan pada kulit dengan pustula (gelembung yang berisi nanah) yang terbuka, bakteri bisa masuk ke dalam tubuh. Hal ini bisa memicu munculnya jerawat, baik di wajah, punggung, atau bagian tubuh lainnya.

Mengalami resistensi antibiotik

Handuk yang kotor dapat meningkatkan risiko resistensi antibiotik yang disebabkan oleh staphylococcus bacteria. Bakteri tersebut adalah bakteri normal di kulit, yang dapat menyusup ke dalam tubuh melalui luka lecet akibat penggunaan handuk kotor. Jika hal tersebut terjadi, maka dapat menyebabkan infeksi hingga resistensi antiobiotik.

Populer video

Berita lainnya