Cara Ampuh Hilangakan Sakit Gigi secara Mandiri di Rumah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Sakit Gigi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sakit gigi membuat orang yang mengalaminya merasa menderita. Selain tidak nyaman, kondisi ini membuat si penderita tak dapat menjalani aktivitas. Bahkan, mereka akan mudah marah untuk sekadar mendrngar suara keras.

Nyeri sakit gigi bisa terasa tajam, berdenyut, atau seperti ditusuk-tusuk, serta dengan tingkat keparahan ringan hingga parah. Kondisi ini menandakan adanya gangguan pada gigi atau gusi, seperti infeksi pada gusi, gigi berlubang, gigi retak atau patah, maupun pulpitis.

Sakit gigi yang disebabkan iritasi sementara pada gusi biasanya hilang dengan sendirinya dalam waktu 1–2 hari, atau diatasi dengan perawatan mandiri di rumah. Namun, jika sakit gigi disebabkan masalah pada gigi atau gusi yang lebih parah, kondisi ini tentu hanya dapat ditangani oleh dokter gigi.

Melansir laman Alodokter, berikut ini beberapa cara menghilangkan sakit gigi, yang bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah.

Kumur dengan air garam

Cara ini mengurangi peradangan, sembuhkan sariawan, dan meredakan nyeri akibat sakit gigi. Caranya, Anda cukup melarutkan ½ sendok teh garam dalam segelas air hangat. Lalu, berkumurlah selama 30 detik dengan larutan tersebut.

Kompres dingin

Menempelkan benda bersuhu dingin pada pipi dapat mengecilkan pembuluh darah, sehingga mengurangi rasa nyeri. Selain itu, rasa dingin es yang digunakan mengompres juga efektif mengurangi pembengkakan dan peradangan pada gigi dan gusi, terutama yang disebabkan oleh cedera.

Anda bisa membungkus es batu menggunakan kain bersih, lalu mengompreskannya pada area pipi di mana gigi terasa nyeri selama 20 menit.

Kunyah bawang putih

Senyawa allicin dalam bawang putih diketahui memiliki efek antibakteri dan antimikroba yang efektif dalam melawan kuman penyebab sakit gigi. Selain mengunyah bawangrendam putih, Anda bisa mendapatkan efek yang serupa dengan mengoleskan bawang putih ke area gigi yang sakit. Cukup haluskan 1 siung bawang putih lalu mencampurkan dengan sedikit garam.

Kompres dengan minyak cengkih

Senyawa eugeol dalam cengkih memiliki efek antiradang yang mengurangi pembengkakan maupun iritasi pada gigi dan gusi. Selain itu, senyawa tersebut juga dapat membuat area yang sakit menjadi mati rasa, sehingga nyeri akibat sakit gigi berkurang.

Anda bisa mencampurkan 3 tetes minyak cengkih dengan 1 sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun. Lalu, kapas dalam campuran minyak tersebut dan tempelkan ke gigi yang sakit selama 5–10 menit.

Populer video

Berita lainnya