Simak Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Makanan Sumber Kolagen
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kolagen merupakan molekul atau protein berserat keras dan tidak larut. Protein ini berfungsi untuk menyatukan jaringan tubuh, serta memainkan peran utama dalam banyak struktur tubuh, seperti: Kulit, Tendon, Pembuluh darah, Tulang rawan serta
Tulang.

Ada sekitar 28 jenis kolagen, dan semuanya memiliki struktur yang berbeda. Sebagian besar terbentuk dari fibril, yang panjang, struktur tipis yang kuat dan fleksibel. Pada kulit, kolagen memberikan kekuatan dan elastisitas. Seiring bertambahnya usia, kadarnya bisa menurun, menipis, dan melemah.

Selain merekatkan, protein ini juga dapat mempercepat proses pemulihan jaringan tubuh yang terluka, memperkuat tulang, dan melenturkan tendon serta kulit. Melansir laman halodoc, berikut ini beberapa manfaat kolagen untuk tubuh:

Menjaga Kekuatan Rambut

Senyawa pembentuk sepertiga protein tubuh ini terdiri dari beberapa jenis asam amino yang membentuk keratin. Keratin ini merupakan protein utama yang membentuk jaringan rambut. Jika produksinya meningkat, maka kondisi rambut rontok dapat dicegah.

Mencegah kerusakan pada folikel rambut

Folikel rambut adalah kantong kecil pada kulit yang menjadi tempat tumbuhnya rambut. Kolagen berperan sebagai antioksidan yang dapat menjaga melindungi folikel rambut dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Membantu mengurangi nyeri sendi

Nyeri sendi dapat membuat Anda sulit bergerak dan berolahraga. Kolagen dalam bentuk suplemen dapat mendukung jaringan ikat dan meredakan nyeri sendi setelah berolahraga. Mengonsumsi protein ini dalam bentuk oral juga dapat mendukung perbaikan tulang rawan dan memiliki efek antiinflamasi.

Menjaga kesehatan usus

Kadar kolagen yang menurun dapat memicu risiko penyakit iritasi usus. Mengonsumsi suplemen protein ini dapat mengatasi masalah kesehatan usus. Kolagen adalah bagian dari jaringan ikat, yang membentuk usus besar dan saluran pencernaan.

Meningkatkan kesehatan jantung

Mengonsumsi kolagen dalam bentuk minuman dapat meningkatkan kesehatan jantung. Sebab, protein ini dapat melunakkan penumpukan kolesterol di dinding arteri.

Populer video

Berita lainnya