Siapa Bilang Pria gak Boleh Menangis? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Pria Menangis
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selalu diidentikan dengan sosok yang kuat dan tangguh, bukan berarti lelaki tidak boleh menangis. Justru pria yang menahan diri untuk tidak menangis pada situasi tertentu, mungkin akan menarik diri secara emosional dari orang-orang yang mereka cintai. Atau bahkan melampiaskan perasaan mereka dengan hal-hal yang tidak baik.

Meskipun dianggap sebagai sesuatu yang lemah bagi pria, nyatanya menangis memiliki manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini manfaat menangis yang mungkin belum anda ketahui.

Memperbaiki suasana hati

Pernahkah anda menyadari merasa jauh lebih baik setelah menangis? Saat menangis, sebenarnya anda sedang melepaskan tubuh dari racun dan hormon yang tak terhitung jumlahnya dalam meningkatkan stres.

Memangis memberikan manfaat dengan membuat suasana hati anda menjadi lebih baik. Anda bisa tidur lebih nyenyak, sistem kekebalan jadi lebih kuat, dan menghindari penambahan berat badan. Dengan menurunkan tingkat stres, menangis juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Menjaga dan melindungi fungsi mata

Tubuh anda membutuhkan air agar sel-sel tubuh dapat bekerja dengan baik dan terhidrasi. Nah, begitu juga dengan mata anda yang membutuhkan air agar tetap terhidrasi.

Menangis adalah cara bagi tubuh untuk menghidrasi kembali mata. Dengan begitu, kemampuan mata dalam memfokuskan objek jadi lebih tajam. Selain itu, menangis juga dapat melindungi mata dari berbagai zat asing yang membahayakan.

Sebut saja debu, kotoran, atau serbuk-serbuk kayu yang beterbangan, yang dapat masuk ke mata dan menyebabkan iritasi. Air mata juga mengandung lisozim, yakni bahan kimia antibakteri kuat yang membantu melawan infeksi.

Membantu membersihkan hidung

Saluran air mata sebenarnya terhubung ke bagian dalam hidung kita. Itu artinya, ketika menangis, air mata tidak hanya membersihkan mata tapi juga saluran hidung dari berbagai iritan (zat yang mengiritasi). Oleh karena itu, ketika menangis hidung anda akan berair dan mengeluarkan lendir, yang kemudian anda bersihkan.

Memperkuat hubungan dengan orang lain

Menangis mungkin membuat anda terlihat lemah, sehingga anda berusaha untuk menahannya dan menangis sendiri. Namun pada situasi tertentu, anda mungkin tidak bisa menahan tangisan di depan orang lain. Terutama pada orang-orang terdekat dan anda percaya.

Hal ini akan membuat orang lain dapat melihat perasaan dan emosi yang tidak dapat anda gambarkan dengan kata-kata. Ini dapat menciptakan ikatan emosional yang lebih dalam antara keluarga, teman, dan orang-orang sekitar kita.

Populer video

Berita lainnya