Panggilan Interview Kerja Tak Kunjung Datang? Ini Tips agar Kamu Tetap Tenang Menghadapinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Pict by: Unsplash

Menunggu panggilan wawancara kerja dapat menjadi periode yang menegangkan dan penuh ketidakpastian. Meskipun kita telah melakukan yang terbaik dalam proses pelamaran, seringkali pikiran kita melayang ke masa depan, berspekulasi tentang hasilnya. Namun, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk menjaga ketenangan dan menjalani waktu menunggu dengan lebih baik. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu.

1. Fokus pada Diri Sendiri

Daripada membiarkan pikiranmu melayang ke hasil wawancara, alihkan fokusmu pada dirimu sendiri. Gunakan waktu menunggu untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi dirimu, seperti meningkatkan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar, atau menjaga kesehatan fisik dan mentalmu dengan berolahraga, meditasi, atau membaca buku.

2. Tetap Produktif

Manfaatkan waktu menunggu untuk melakukan tugas-tugas atau proyek-proyek yang tertunda. Dengan tetap produktif, kamu dapat mengalihkan pikiran dari kegelisahan tentang hasil wawancara dan merasa lebih memenuhi hari-harimu.

3. Jaga Komunikasi dengan Perusahaan

Jika sudah melewati waktu yang dijanjikan untuk panggilan wawancara dan kamu belum mendengar kabar, jangan ragu untuk mengirimkan follow-up email secara sopan kepada perusahaan. Pertanyaanmu bisa seputar status seleksi atau estimasi waktu kapan keputusan akan diumumkan. Tetaplah profesional dan ramah dalam setiap komunikasi yang kamu lakukan.

4. Hindari Spekulasi Berlebihan

Cobalah untuk menghindari membiarkan pikiranmu melayang ke spekulasi berlebihan tentang hasil wawancara. Ingatlah bahwa proses seleksi seringkali memakan waktu, dan terkadang faktor-faktor di luar kendalimu mungkin memengaruhi keputusan. Fokuslah pada hal-hal yang dapat kamu kendalikan, seperti mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk kesempatan berikutnya.

5. Temukan Dukungan dari Orang-orang Terdekat

Berbicara dengan orang-orang terdekatmu tentang kekhawatiran dan kegelisahanmu dapat membantu melepaskan tekanan yang kamu rasakan. Mereka mungkin dapat memberikan dukungan, nasihat, atau perspektif yang berharga untuk membantumu melewati periode menunggu dengan lebih tenang.

6. Tetap Bersikap Positif dan Percaya Diri

Ingatlah bahwa hasil wawancara tidak selalu mencerminkan nilai atau potensi kamu sebagai individu. Tetaplah bersikap positif dan percaya diri dengan apa yang sudah kamu lakukan selama proses pelamaran. Teruslah berusaha dan percayalah bahwa kesempatan yang tepat akan datang pada waktunya.

Menunggu panggilan wawancara kerja memang bisa menjadi tantangan, tetapi dengan mengambil langkah-langkah untuk tetap produktif, menjaga komunikasi yang efektif dengan perusahaan, dan menjaga keseimbangan mental dan emosionalmu, kamu dapat melewati periode ini dengan lebih tenang dan percaya diri.

Populer video

Berita lainnya