Ketahui Hal yang Bikin Pasutri Sulit Mempunyai Anak

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Sulit Memiliki Anak
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kehadiran anak tentu menjadi momen yang paling dinanti sebagian besar pasangan. Namun tidak sedikit pasangan suami istri yang sulit mendapat keturunan meski sudah aktif melakukan hubungan seksual. Hal itu bisa dipicu karena dari usia hingga adanya kondisi medis tertentu.

Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan istilah mandul yang terjadi karena masalah kesuburan. Sayangnya, banyak pasangan yang belum menyadari dirinya sedang mengalami gangguan kesuburan. Lantas apa yang menyebabkan seseorang mandul? Melansir laman halodoc, simak penjelasannya berikut ini.

Pola hidup tidak sehat

Pola hidup tidak sehat seperti mengonsumsi minuman beralkohol, kerap begadang, dan merokok bisa memicu masalah kesuburan yang membuat pasangan sulit punya anak. Konsumsi minuman beralkohol dan merokok pada pria dapat menyebabkan penurunan produksi sperma sekaligus disfungsi ereksi atau impotensi.

Sementara itu, kebiasaan buruk merokok pada wanita bisa memicu menopause dini dan keguguran. Sedangkan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dapat memicu cacat janin.

Usia terlalu tua

Usia terlalu tua bisa menjadi penyebab sulitnya punya anak atau mandul. Terutama pada wanita yang sudah berusia 35 tahun atau lebih. Sebab, mulai terjadi penurunan tingkat kesuburan secara perlahan. Bahkan, penurunan bisa terjadi cukup signifikan pada wanita yang telah memasuki usia 37 tahun.

Sementara tingkat kesuburan pada pria mulai mengalami penurunan ketika usianya masuk pada 40 tahun. Tak hanya itu, pria berusia 40 tahun yang berencana memiliki keturunan juga bisa meningkatkan risiko lahirnya anak dengan kondisi medis tertentu.

Stres

Stres yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan terganggunya pelepasan sel telur. Inilah sebabnya, potensi terjadinya pembuahan pada seorang wanita yang mengalami stres bisa lebih kecil dan membuat pasangan menjadi sulit punya anak.

Adapun wanita yang sedang mengalami stres biasanya cenderung tidak mau melakukan hubungan intim.

Masalah medis tertentu

Berbagai masalah kesehatan yang menyerang organ reproduksi pun bisa memberi peran sebagai penyebab sulit punya anak. Misalnya, masalah sindrom polikistik ovarium atau PCOS, kelainan rahim, sumbatan di tuba falopi, dan endometriosis yang terjadi pada wanita.

Sementara itu, berbagai kondisi medis yang bisa menyebabkan pria mengalami masalah kesuburan lebih bervariasi. Mulai dari varikokel, ejakulasi dini, penyakit menular seksual, dan kondisi lain di luar organ reproduksi, seperti gondongan atau diabetes.

Berat badan kurang atau berlebih

Tanpa disadari, berat badan kurang atau berlebih menjadi penyebab sulit punya anak. Obesitas pada wanita bisa menyebabkan siklus menstruasi dan pelepasan sel telur menjadi terganggu. Sementara pada pria dengan obesitas, kualitas sperma bisa mengalami penurunan.

Tak hanya obesitas, berat badan yang terlalu rendah pada wanita juga bisa membuat ovulasi menjadi terganggu. Bahkan, wanita dengan berat badan terlalu rendah cenderung butuh waktu lebih lama untuk bisa hamil.

Populer video

Berita lainnya