Simak Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Rendam kaki
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Merendam kaki dengan air hangat dapat membantu mengatasi keluhan kaki pegal, badan letih dan juga stres. Hal ini sangat cocok untuk pekerja yang yang aktivitas hariannya lebih banyak berdiri, berjalan, atau hanya duduk di kursi.

Cara melakukannya pun tidak sulit. Cukup dengan mengisi baskom atau ember dengan air hangat, lalu rendamlah kaki di dalam. Nah, melansir laman alodokter, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari merendam kaki dengan air hangat.

Mengatasi pegal atau nyeri otot kaki

Pegal atau nyeri otot di kaki bisa diatasi dengan merendam kaki di air hangat. Aktivitas ini dapat membuat peredaran darah di kaki lebih lancar, sehingga rasa nyeri dan bengkak bisa mereda.

Mengobati cantengan

Cantengan dapat menimbulkan bengkak dan rasa sakit di kaki. Untuk mengatasinya, kamu bisa merendam kaki dengan air hangat yang dicampur garam. Selain meredakan nyeri dan mengempiskan bengkak, mencampurkan garam ke rendaman air hangat juga dapat membersihkan cantengan.

Menghilangkan kapalan

Kapalan atau callus adalah kondisi ketika kulit menebal dan mengeras. Kondisi ini sering terjadi di telapak kaki atau ujung jari kaki. Saat mengalami kapalan, Anda bisa merendam kaki menggunakan air hangat agar kulit yang kapalan melunak.

Mengurangi bau kaki

Bau kaki bisa terjadi karena keringat dan bakteri menumpuk. Untuk mengurangi bau kaki, Anda bisa merendam kaki dengan air hangat yang dicampur garam Epsom atau cuka selama 10–20 menit setiap seminggu sekali. Kedua bahan tersebut mampu mencegah bakteri penyebab bau kaki tumbuh dan berkembang biak.

Mengurangi stres

Merendam kaki di dalam air hangat dengan campuran garam Epsom bisa membuat tubuh menjadi lebih relaks, sehingga stres dapat mereda. Selain garam Epsom, Anda juga bisa mencampurkan air rendaman kaki dengan minyak bunga lavender untuk membantu lebih mudah tidur.

Populer video

Berita lainnya