Manfaat Chia Seeds, Baik Dikonsumsi saat Sahur

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
sumber foto: https://www.eatright.org/food/food-groups/fats/what-are-chia-seeds

Chia Seeds adalah jenis makanan berbentuk biji-bijian yang sering kali menjadi campuran makanan. Bahan makanan ini mulai popular ketika menu-menu diet mulai perkenalkan di media sosial.

Bentuknya yang sangat mini, chia seeds memiliki manfaat yang tidak main-main bagi tubuh. Bahkan bahan makanan ini sangat cocok untuk dikonsumsi pada saat sahur di Bulan Ramadan untuk menjaga Kesehatan tubuh Anda.

Berikut adalah manfaat dari chia seeds yang sangat baik untuk tubuh

  • Menjaga Kesehatan Pencernaan

Biji chia seeds kaya akan kandungan serat dan karbohidrat kompleks. Kandungan ini akan menghindari Anda dari resiko gangguan pencernaan yang dapat menunda aktivitas. Anda dapat mengkonsumsi chia seeds dengan cara mencampurkannya dengan air hangat dan perasan jeruk lemon, dikonsumsi setiap pagi atau malam hari.

  • Menangkal Radikal Bebas

Selain mengandung serat dan karbohidrat kompleks, chia seeds juga memiliki kandingan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas ini akan sangat berbahaya bagi tubuh dan meningkatkan risiko anda terkena penyakit jantung. Kandungan antioksidan, seperti asam klorogenat, kaempferol, dan kuersetin, akan membantu Anda terhindar dari risiko tersebut.

  • Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang menaruh fokus pada berat badan Anda dan ingin menguranginya, mengkonsumsi chia seeds dapat membantu Anda. Chia seeds mengandung protein yang sangat tinggi, yang akan membantu Anda mengurangi nafsu makan. Tingginya serat dalam chia seeds juga memberikan efek kenyang yang lebih lama. Sehingga, Anda akan terhindar dari kebiasaan nyemil di luar jam makan yang seharusnya.

  • Meningkatkan Kesehatan Kulit

Selain menghindari Anda dari risiko penyakit jantung, antioksidan yang terdapat dalam kandungan chia seeds akan membantu meningkatkan Kesehatan kulit Anda. Chia seed memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi serta sumber asam lemak omega-3 yang bermanfaat sebagai anti-aging untuk mengatasi masalah penuaan kulit.

Populer video

Berita lainnya