Cara Mengangkat Sel Kulit Mati dengan Bahan Alami

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kulit Mengelupas
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Memiliki wajah yang bersih dan cerah tentu menjadi dambaan bagi semua orang, terutama bagi kaum Hawa. Salah satu cara untuk mendapatkannya yaitu dengan melakukan perawatan kulit eksfoliasi. 

Eksfoliasi adalah istilah proses pengangkatan sel kulit mati. Kebanyakan orang melakukan eksfoliasi wajah dengan menggunakan produk skincare atau dengan pergi ke klinik kecantikan. 

Padahal, Anda bisa melakukan cara sederhana menggunakan bahan alami di rumah, untuk mengatasi sel kulit mati pada wajah. Melansir laman Halodoc, berikut cara menggunakan bahan alami untuk mengangkat sel kulit mati:

Oatmeal

Anda dapat menggunakan oatmeal sebagai bahan alami eksfoliasi karena mengandung sifat aktif yang dapat bermanfaat bagi kulit. Sebuah studi menunjukkan, produk perawatan kulit yang mengandung oatmral menunjukkan proses pengelupasan atau eksfoliasi kulit yang efektif.

Jika ingin mencobanya,  siapkan tiga sendok makan oatmeal, satu sendok makan pisang, dan satu sendok makan yoghurt. Kemudian blender semua bahan hingga berubah bentuk menjadi scrub.

Selanjutnya, balurkan ke area kulit yang kering lalu diamkan selama 20 menit. Terakhir, bilaslah kulit tersebut menggunakan air hangat.

Baking soda dan madu

Resep ini memiliki kandungan antiradang dan dapat mengurangi minyaknya. Selain dapat bermanfaat sebagai eksfoliator, kandungan ini juga cocok kamu gunakan untuk kulit berjerawat.
Untuk membuatnya siapkan:

  • Dua sendok makan soda kue.
  • Dua sendok teh madu.
  • Satu sendok teh gel lidah buaya.
  • 1/2 sendok teh minyak vitamin E.
  • 2 tetes minyak tree oil.

Campurkan semua bahan tersebut sampai rata. Setelah mencuci muka, oleskan scrub tersebut ke kulit kemudian ratakan. Sembari meratakan Anda juga dapat memijat wajah dengan lembut. 

Lakukan hal ini selama 1-2 menit. Biarkan lulur menempel di kulit selama 2 menit tambahan. Bilas scrub dari wajah dengan air hangat.

Kopi

Kopi merupakan bahan alami yang baik untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit. Hal ini karena sifat pengelupasan alami dan antiinflamasi dari kopi. Menariknya, scrub berbahan kopi juga membantu menghaluskan kulit dan meningkatkan sirkulasi.

Namun perlu diingat, kopi dapat mengiritasi kulit. Maka itu, pastikan untuk terlebih dahulu diskusi ke dokter terkait penggunaanya.

Gula merah

Anda dapat membuat lulur wajah eksfoliasi dari gula merah dan minyak alpukat untuk membantu hidrasi kulit. Anda dapat menambahkan minyak serai karena berpotensi membantu mengobati infeksi kulit. Jika ingin mencobanya, berikut bahan-bahan yang bisa digunakan: 

  • 1/2 cangkir gula merah.
  • 1/2 cangkir minyak alpukat.
  • 1 sendok teh. Garam himalaya yang halus.
  • 3-4 tetes minyak essensial serai.

Campur semua bahan jadi satu. Oleskan scrub ke kulit yang telah bersih dengan gerakan memutar selama 30 hingga 60 detik. Bilas wajah hingga bersih dengan air hangat.

Stroberi

Stroberi mengandung vitamin C tingkat tinggi, dan sifat anti-inflamasinya berguna mengurangi peradangan terkait jerawat. Jika ingin mencoba membuat lulur eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati dengan stroberi, berikut bahannya: 

  • 1/2 cangkir stroberi, haluskan dengan garpu.
  • 1 cangkir gula.
  • 1/2 cangkir minyak kelapa.

Campur semua bahan menjadi satu dalam mangkuk. Oleskan pada kulit yang telah bersih dengan gerakan memutar selama 30 hingga 60 detik. Setelahnya, bilas kulit dengan air hangat.

Populer video

Berita lainnya