Simak Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Telur Rebus
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Telur adalah salah satu makanan yang kaya akan nutrisi. Selain itu, makanan yang bisa diolah dalam berbagai menu hidangan ini menjadi salah satu alternatif makanan terbaik untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, telur rebus rendah kalori dan mengeyangkan, serta kaya akan nutrisi penting. Melansir laman halodoc, berikut manfaat berikut telur rebus untuk kesehatan.

Sumber protein

Telur rebus mengandung protein yang tinggi. Sementara protein adalah bahan pembangun tubuh yang memiliki peran penting dalam menjaga kekuatan dan perbaikan otot dan jaringan. Satu butir telur rebus mengandung sekitar 6,3 gram protein. Telur juga mengandung sembilan asam amino esensial yang membantu pertumbuhan otot, pemulihan, dan pemeliharaan.

Sumber vitamin D

Kuning telur adalah salah satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D secara alami. Vitamin D sendiri bermanfaat untuk menyerap kalsium dan fosfor yang diperlukan untuk menjaga tulang dan gigi yang kuat. Selain itu, vitamin D juga mendukung pemeliharaan fungsi otot dan kekebalan. Dua butir telur rebus sudah mencukupi 82 persen kebutuhan vitamin D harian orang dewasa.

Menjaga kesehatan mata

Telur rebus mengandung vitamin A, E serta selenium. Nutrisi ini punya manfaat sebagai antioksidan penting dalam menjaga kesehatan mata dan memulihkan fungsi retina. Selain itu, selenium membantu mencegah penglihatan degeneratif pada usia muda dan tua.

Sumber kolesterol baik

Sebutir telur mengandung 212 miligram kolesterol. Namun, kolesterol makanan tidak sama dengan kolesterol darah yang lebih tinggi. High-density lipoprotein (HDL), atau kolesterol baik pun bisa meningkat setelah makan telur rebus.

Populer video

Berita lainnya