Tenggorokan Terasa Kering? Coba Atasi dengan Cara Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Tenggorokan Kering
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tenggorokan yang terasa kering membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Tenggorokan kering biasanya terjadi sebagai gejala dari kondisi kesehatan tertentu. Penyebab pun bisa bermacam-macam, mulai dari yang ringan hingga yang lebih serius.

Pada beberapa kasus, mengobati tenggorokan kering perlu disesuaikan dengan masing-masing penyebabnya. Namun, ada juga beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi tenggorokan kering secara umum. Melansir laman hellosehat, coba cara di bawah ini untuk meredakan tenggorokan kering yang Anda alami.

Minum banyak air

Sakit tenggorokan tanpa sebab yang jelas mungkin tandanya Anda kurang minum dan dehidrasi. Tubuh yang kekurangan cairan tidak bisa memproduksi liur dalam jumlah banyak untuk membasahi mulut dan tenggorokan. Untuk mengatasinya, Anda cukup minum air hingga tenggorokan terasa lebih baik, baik air hangat atau dingin.

Selain itu, usahakan untuk mencukupi kebutuhan cairan Anda agar tubuh tidak mengalami dehidrasi yang bisa membuat tenggorokan kering dan gatal, pusing, dan lemas.

Kumur air garam

Berkumur dengan air garam bisa meredakan berbagai gangguan yang menyerang tenggorokan. Pasalnya, garam mampu mengurangi pembengkakan dan iritasi sekaligus membersihkan virus-virus yang bersarang di mulut dan tenggorokan.

Cara membuatnya, cukup larutkan setengah sendok garam dalam satu gelas air hangat, kemudian berkumurlah selama 30 sampai 60 detik. Berkumurlah 3 – 4 kali dalam sehari sampai rasa kering di tenggorokan mereda.

Madu

Madu memiliki efek melegakan tenggorokan dan berfungsi sebagai antiseptik dan antibakteri alami. Selain itu, tekstur madu yang kental membantu menjaga kelembapan di tenggorokan lebih lama.

Hindari rokok

Banyak penelitian menunjukan bahwa rokok bisa membuat tenggorokan menjadi kering dan sakit. Bukan hanya pada perokok aktif, tetapi juga orang-orang di sekitarnya. Kandungan tembakau dan nikotin di dalam rokok dipercaya bisa menimbulkan iritasi pada saluran pernapasan. Akibatnya, bisa timbul sejumlah gejala, termasuk tenggorokan gatal.

Permen pelega tenggorokan

Permen pelega tenggorokan bisa melembapkan jaringan-jaringan pada mulut dan tenggorokan. Namun perlu diingat, hindari permen pelega tenggorokan yang mengandung gula atau perasa tambahan supaya tenggorokan tidak terasa gatal.

Populer video

Berita lainnya