Begini Tips Mencegah Stunting Sejak Remaja

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Stunting
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Stunting merupakan gangguan tumbuh kembang yang dialami anak akibat gizi buruk, infeksi berulang dan stimulasi psikososial yang tidak memadai. Seorang anak bisa dikatakan mengalami stunting bila tinggi badan menurut usia mereka, lebih dari dua standar deviasi di bawah median Standar Pertumbuhan Anak yang ditetapkan World Health Organization (WHO).

Gangguan tumbuh kembang ini juga dikaitkan dengan otak yang kurang berkembang, sehingga menyebabkan konsekuensi berbahaya untuk jangka panjang seperti, kapasitas belajar yang rendah, penurunan kemampuan mental, kinerja yang buruk di sekolah di masa kanak-kanak. Hal ini akhirnya bisa menyebabkan anak stunting memiliki kualitas dan tingkat kesejahteraan hidup yang rendah saat dewasa.

Guna mencegah stunting, seorang ibu perlu mendapatkan gizi yang cukup selama masa kehamilan dan menyusui. Namun, agar seorang wanita hamil bisa mendapatkan cukup gizi, hal itu memerlukan intervensi sebelum kehamilan, yaitu selama masa remaja. Hal itu karena dampak dari gizi buruk sudah dimulai sejak pembuahan. Melansir laman halodoc, berikut cara pencegahan stunting sejak masa remaja.

Menerapkan Pola Makan Bergizi Seimbang

Penting bagi remaja putri untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang. Oleh karena itu, konsumsilah berbagai macam makanan sehat, mulai dari makanan sumber nabati (sayuran, buah-buahan, dan makanan pokok), makanan sumber hewani (susu, telur, ikan, daging), dan makanan sehat lainnya.

Cegah Anemia

Untuk mencegah anemia remaja putri dianjurkan untuk mengonsumsi tablet penambah darah sebanyak 1 tablet per minggu. Anemia juga bisa dihindari dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung nutrisi penting untuk produksi darah seperti daging merah, sayuran berdaun hijau (bayam, kangkung), jeroan, kacang-kacangan dan polong-polongan.

Rutin Berolahraga

Berolahraga secara rutin juga penting untuk membangun tubuh yang sehat dan kuat demi melahirkan anak yang sehat. Setidaknya, berolahraga minimal 30 menit setiap hari.

Populer video

Berita lainnya