Menilik Potensi Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Kulit Wajah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Bawang Merah
Foto: Istimewa

Celibrithink.com – Selain sebagai bumbu untuk menyedapkan masakan, ternyata bawang merah juga memiliki berbagai manfaat untuk wajah. Hal itu dikarenakan bawang merah mengandungan nutrisi seperti vitamin C, yang dinilai baik untuk kesehatan kulit. Nah, melansir laman sehatQ, berikut manfaat bawang merah untuk wajah yang perlu Anda ketahui.

Mengurangi peradangan

Bawang merah mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu mengurangi peradangan dengan melawan radikal bebas. Salah satu antioksidan yang terdapat dalam bawang merah adalah quercetin. Antioksidan ini dinilai mampu menetralkan radikal bebas sehingga mencegahnya menimbulkan kerusakan.

Mencegah infeksi

Bawang merah dapat membantu membunuh bakteri di permukaan kulit sehingga mencegah terjadinya infeksi. Menurut tinjauan penelitian pada tahun 2016 dalam International Journal of Green Pharmacy, ekstrak bawang merah terbukti mampu menonaktifkan sebagian besar bentuk bakteri.

Hal ini bermanfaat untuk kesehatan kulit karena bakteri dapat meningkatkan peradangan pada permukaan kulit Anda. Sifat antibakteri bawang merah juga berguna untuk membantu mengatasi breakout jerawat di wajah.

Mengatasi jerawat

Di dalam bawang merah terkandung asam sulfat alami yang dapat digunakan untuk mengobati beberapa jenis jerawat. Kandungan vitamin C dalam bawang merah juga dianggap mampu meningkatkan kecepatan pergantian sel kulit sehingga mengurangi jerawat dan kemerahan. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

Mencerahkan wajah

Salah satu khasiat bawang merah untuk wajah adalah membuatnya tampak cerah. Hal tersebut berasal dari kandungan vitamin C di dalamnya. Selain itu, vitamin C terbukti secara klinis membantu kulit terhidrasi sehingga membuatnya terasa kenyal dan halus. Hal ini juga dapat mencegah kulit Anda menjadi terlalu kering atau berminyak.

Melawan penuaan

Bawang merah dapat membantu melawan penuaan pada kulit. Hal ini berasal dari kandungan vitamin A, C, dan E di dalamnya yang bisa melawan kerusakan akibat sinar UV. Kandungan antioksidan quercetin juga dipercaya dapat menjaga kulit dari kerutan. Selain itu, sulfur di dalamnya memiliki efek antipenuaan yang dapat melindungi kesehatan kulit.

Menyamarkan flek hitam

Berbagai fitonutrien dan antioksidan di dalam bawang merah dapat menutrisi sekaligus menghilangkan noda pada wajah. Selain itu, kandungan vitamin C dalam bawang merah turut berperan. Vitamin tersebut disinyalir menghambat produksi tirosinase, yaitu enzim yang dapat memproduksi melanin sehingga mencegah terjadinya hiperpigmentasi.

Populer video

Berita lainnya