Cara Atas Rasa Kantuk di Kantor Saat Berpuasa Agar Produktivitas Kerja Tetap Terjaga

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Stres di tempat kerja
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Menjaga produktivitas kerja selama berpuasa menjadi tantangan yang cukup besar. Masalah utama yang sering dirasakan adalah rasa kantuk yang datang tiba-tiba, ketika energi mulai menurun. Walhasil,  produktivitas kerja tentunya menjadi terganggun.

Bagi Anda yang ingin mengatasi hal tersebut tak perlu khawatir. Ada beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan, agar produktovitas kerja terap terjadi meski sedang berpuasa. Melansir laman Halodoc, simak penjelasan berikut ini:

Makan bernutrisi saat sahur

Dengan makan bernutrisi saat sahur, Anda bisa memastikan mendapatkan energi dan nutrisi yang cukup menjalani hari dengan produktif.  Selain itu,  perhatikan asupan makanan yang bernutrisi, seperti karbohidrat kompleks, protein, serat, dan vitamin.

Mengonsumsi menu sahur yang seimbang dapat memberi energi tahan lama serta menghindari rasa lelah saat bekerja. Anda bisa menambahkan suplemen vitamin daya tahan tubuh dalam menu sahur kamu sebagai pelengkap nutrisi.

Mencuci muka

Apabila rasa kantuk tidak tertahan, pergilah ke kamar mandi dan langsung bilas wajah dengan hati-hati dan membersihkan wajah dengan handuk / tisu agar kering. Sebab membilas wajah dengan air dingin dapat membantu melancarkan sirkulasi darah.

Selain itu, air dingin dapat mengejutkan sistem tubuh dan langsung membuat kamu merasa lebih berkonsentrasi. Cara ini dapat membantu lebih rileks dan segar sehingga bisa melanjutkan kembali pekerjaan.

Menjaga kualitas tidur

Selama berpuasa, durasi tidur akan berkurang karena harus bangun sahur pada dini hari. Hal ini sering menjadi penyebab utama rasa ngantuk saat berpuasa.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat tidur lebih awal agar tetap segar di pagi hari. Selain itu, tidak disarankan tidur kembali setelah sahur dan sholat karena justru dapat membuatmu lebih lesu. 

Lakukan peregangan otot

Duduk di meja kantor dalam waktu yang lama dapat meningkatkan rasa kantuk, terlebih saat bulan puasa. Aktivitas yang monoton dan minim gerakan fisik dapat membuat tubuh merasa lelah dan kaku. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba melakukan peregangan sederhana di kantor.

Peregangan otot ringan membantu meningkatkan sirkulasi darah, meredakan kekakuan otot, dan mengurangi rasa kantuk. Anda dapat melakukan gerakan fisik ringan seperti berjalan di kantor, meregangkan lengan, memutar leher, atau meluruskan punggung setiap satu atau dua jam sekali.

Lakukan aktivitas di waktu istirahat

Menggunakan waktu istirahat siang dengan melakukan berbagai aktivitas dapat membuat Anda menjadi segar dan rileks. Aktivitas yang dapat dilakukan seperti mendengarkan musik, bermain game, berolahraga, berjalan-jalan di kantor, atau mengobrol dengan rekan kerja.

Selain itu, Ansa juga bisa memanfaatkan waktu istirahat makan siang untuk tidur siang selama beberapa menit. Namun, Anda perlu menghindari tidur siang terlalu lama karena bisa memengaruhi pola tidur malammu.

Populer video

Berita lainnya