Sajian Lezat Soto Betawi, Nikmatnya Perpaduan Rasa yang Menggugah Selera

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
pic by cookpad

Indonesia memang dikenal sebagai negeri dengan kekayaan kuliner yang melimpah. Salah satu warisan kuliner yang begitu populer dan menggugah selera adalah Soto Betawi. Sajian yang kaya akan rempah-rempah ini tidak hanya menjadi favorit di kalangan masyarakat Betawi, tapi juga telah merambah ke seluruh penjuru negeri, bahkan ke mancanegara. Dengan kuah santan yang gurih, daging yang empuk, serta taburan bawang goreng dan daun seledri yang segar, soto Betawi menjadi pilihan yang pas untuk dinikmati kapan pun, terutama di hari-hari yang sejuk atau bahkan di tengah-tengah cuaca yang panas.

Asal-Usul Soto Betawi

Soto Betawi memiliki sejarah panjang yang melibatkan perpaduan budaya dan cita rasa. Awalnya, soto Betawi adalah hidangan khas suku Betawi, yang merupakan suku asli Jakarta. Namun, seiring perkembangan zaman, hidangan ini menjadi semakin populer dan menjadi bagian integral dari kekayaan kuliner Indonesia. Rasa khas rempah-rempah, campuran daging sapi, santan, dan bahan-bahan lainnya membuat soto Betawi selalu dinantikan oleh banyak orang.

Bahan-Bahan yang Diperlukan500 gr daging sengkel500 gr daging sengkel

Langkah Pembuatan

  1. Rebus daging dan buang buih nya dengan saringan. Rebus sampai empuk.
    Air rebusan jangan dibuang, karena bisa untuk kuah agar lebih gurih.
  2. Goreng kentang dan sisihkan.
  3. Cuci bersih tomat, potong dan sisihkan.
    Cuci daun bawang, iris dan sisihkan
  4. Panaskan minyak dan masukan bumbu halus. Tambahkan sereh, daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Aduk hingga harum.
  5. Tambahkan daging yang sudah direbus. Aduk merata.
  6. Masukan air kaldu (air rebusan), susu dan santal kental. Aduk perlahan dan pastikan air santan tidak pecah. Masak selama 30 menit.
  7. Beri lada bubuk, penyedap dan wajib pakai minyak samin agar lebih harum. Aduk kembali.
  8. Tambahkan penyedap dan tes rasa. Masak hingga matang
  9. Sajikan dengan kentang goreng, potongan tomat, siram dengan kuah. Beri tambahan irisan daun bawang, eruk nipis untuk perasan, bawang goreng, acar, emping dan sambal
  10. Enak dan mudah kan cocok sama nasi hangat.

Soto Betawi merupakan salah satu warisan kuliner Indonesia yang patut dijaga kelestariannya. Dengan cita rasa yang khas dan cara pembuatan yang tidak terlalu sulit, soto Betawi bisa kamu sajikan di rumah sebagai hidangan spesial untuk keluarga atau tamu. Jangan ragu untuk mencoba resep soto Betawi di atas dan nikmati kelezatannya dalam satu mangkuk yang hangat. Selamat mencoba!

Populer video

Berita lainnya