Ini Manfaat Berkuda untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Berkuda
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Berkuda mungkin merupakan olahraga yang yang dilakukan sedikit orang, dan terbilang tidak terlalu populer di Indonesia. Meski begitu, olahraga ini sebenarnya memberi banyak manfaat untuk kesehatan, baik fisik maupun mental.

Berkuda termasuk jenis olahraga yang bisa membakar kalori melalui gerakan tubuh yang teratur. Karena menunggang kuda sangat menguras energi dan tenaga. Aktivitas fisik ini juga melatih kekuatan otot saat kamu menstabilkan diri di atas kuda. Melansir laman halodoc, berikut ini beberapa manfaat berkuda untuk kesehatan.

Meningkatkan kekuatan inti tubuh

Otot-otot penstabil yang membentuk inti tubuh meliputi perut, pinggul, dan punggung bawah. Memiliki inti tubuh yang kuat bisa memberi banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Nah, berkuda mampu meningkatkan kekuatan area tubuh tersebut untuk penggunaan sehari-hari.

Membantu memperbaiki postur tubuh

Memiliki otot perut dan punggung bawah yang kuat juga penting untuk mempertahankan posisi berdiri dan duduk yang baik. Nah,

Berkuda merupakan latihan yang bagus untuk memperbaiki postur tubuh karena otot inti yang menjadi targetnya. Karena diperlukan pose tertentu untuk menjaga keseimbangan saat berkuda. Dengan mempraktikkan posisi berkendara yang benar, Anda bisa memiliki postur tubuh yang lebih baik.

Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi

Berkuda tidak hanya melatih keseimbangan ketika sedang menungganginya tapi juga melatih koordinasi saat mengarahkan kuda ke arah yang berbeda. Jadi, keseimbangan dan koordinasi adalah dua keterampilan penting yang bisa ditingkatkan dengan melakukan aktivitas fisik ini secara rutin.

Meningkatkan kekuatan dan tonus otot

Menunggang kuda merupakan latihan isometrik yang melatih hampir semua otot tubuh dan juga menjaga kekuatannya. Selain otot inti, jenis olahraga ini juga melatih otot di punggung, dada, paha bagian dalam dan juga panggul, sehingga Anda bisa menjaga postur tubuh yang baik saat berada di atas kuda dan agar tidak terjatuh.

Memperkuat jantung

Menunggangi hewan sebesar dan seberat kuda sambil mengendalikannya saat mengikuti jalur bisa membuat kamu terengah-engah dalam waktu singkat. Bila Anda terengah-engah, tandanya jantung sedang ‘berolahraga’. Itulah mengapa berkuda secara rutin bisa meningkatkan kesehatan jantung dan membuatnya bekerja lebih efisien.

Manfaat Berkuda untuk Kesehatan Mental

Mengurangi stres

Berkuda memungkinkan Anda beristirahat sejenak dari keseharian yang membuat stres dan merasakan udara segar. Menghabiskan waktu dengan hewan dan berolahraga juga melepaskan hormon serotonin, yang bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi tingkat stres.

Memberikan efek terapeutik

Berinteraksi dengan kuda juga diketahui memiliki manfaat terapeutik. Hal ini menyebabkan munculnya pengobatan yang disebut Equine-Assisted Therapy (EAT). Manfaat kegiatan ini adalah untuk kesehatan mental ini sudah diketahui secara langsung bisa membantu mengobati mereka yang menderita attention deficit disorder (ADD), kecemasan, autisme, depresi, demensia, dan kondisi kesehatan mental lainnya.

Membangun rasa percaya diri

Menunggang kuda tidak hanya membutuhkan keberanian, tapi juga rasa percaya diri mengendalikan hewan yang liar dan berat tersebut. Seperti diketahui, rasa percaya diri diperlukan untuk kondisi mental yang sehat. Sebab, orang yang kurang percaya diri cenderung mengalami kecemasan dan depresi.

Populer video

Berita lainnya