Ini Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Donor Darah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Darah memiliki peranan penting bagi tubuh manusia. Selain pengangkut gas pernapasa (oksigen dan karbondioksida), darah juga bertugas sebagai pengangkut dan pembawa oksigen ke semua jaringan dan organ pada tubuh. Sudah bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika tubuh mengalami kekurangan darah.

Inilah alasannya dianjurkan untuk mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali. Tentu saja tujuan utamanya untuk menolong orang-orang yang membutuhkannya. Namun Anda juga bisa mendapatkan manfaat dengan rutin melakukan donor dara. Melansir laman halodoc, simak manfaat yang didapat dengan mendonorkan darah.

Bisa mendeteksi adanya masalah kesehatan yang serius

Sebelum bisa mendonorkan darah, petugas terlebih dahulu akan melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Melalui darah, beberapa penyakit serius bisa terdeteksi, seperti sifilis, human immunodeficiency virus (HIV), hepatitis B, C, dan penyakit malaria. Melalui pemeriksaan, Anda bisa mengetahui apakah tubuh terdeteksi mengalami penyakit serius atau tidak.

Menjaga jantung dan peredaran darah tetap sehat

Manfaat donor darah lainnya yaitu mengurangi risiko munculnya penyumbatan pada pembuluh darah. Ini akan membuat sirkulasi darah pada tubuh tetap optimal. Selain itu, rutin melakukan donor darah juga dapat membuat detak jantung lebih stabil dan teratur.

Menurunkan berat badan

Ketika melakukan donor darah, kamu memberikan sekitar 450 mililiter darah. Ini setara dengan membakar kalori tubuh sebanyak 650 kalori. Meski begitu, bukan berarti donor darah bisa secara instan membuat berat badan menurun. Anda tetap harus mengimbanginya dengan pola hidup dan pola makan sehat.

Menurunkan kadar kolesterol jahat

Rutin mendonorkan darah dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida di dalam darah. Dengan begitu, risiko terjadinya sumbatan atau plak pada pembuluh darah atau aterosklerosis dapat ditekan, dan sirkulasi darah serta organ bisa tetap berfungsi optimal.

Menjaga mental tetap sehat

Selain kesehatan fisik, donor darah juga memberikan manfaat untuk kesehatan mental. Melalui donor darah, kamu bisa menolong orang lain, dan itu akan membuat perasaanmu lebih senang. Ini akan membuat kamu terdorong untuk membiasakan hidup sehat, sehingga tetap bisa melakukan donor darah secara rutin dan terus membantu orang lain.

Populer video

Berita lainnya