Ketahui Manfaat Masker Pepaya bagi Kesehatan Kulit

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Masker Pepaya
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Buah pepaya dikenal dengan manfaatnya bagi kesehatan berkat nutrisi penting yang dikandung di dalamnya. Mulai dari vitamin A, vitamin, C, antioksidan likopen, hingga senyawa aktif asam malat.

Tak hanya kesehatan tubuh, beragam kandungan tersebut juga diketahui baik untuk kesehatan kulit. Itu sebabnya banyak produk perawatan kulit yang menggunakan pepaya sebagai salah satu kandungannya. Selain itu, Anda pun bisa mengolah pepaya secara langsung dan menjadikannya masker wajah. Melansir laman alodokter, berikut manfaat masker pepaya.

Mengangkat sel kulit mati

Penggunaan masker pepaya dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit akan terasa lebih halus dan tampak mulus. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan enzim papain dan asam malat di dalamnya.

Mengatasi kulit berjerawat

Kandungan enzim papain dalam pepaya juga dapat mengatasi kulit wajah berjerawat. Selain enzim papain, kandungan vitamin A di dalam buah ini juga mampu mencegah penyumbatan pori-pori wajah yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

Menghilangkan milia

Kandungan enzim papain yang terdapat dalam masker pepaya juga dapat menghilangkan milia di wajah. Milia merupakan benjolan kecil berwarna putih yang terbentuk akibat sel kulit mati atau protein bernama keratin terperangkap di bawah permukaan kulit

Mencerahkan kulit wajah

Manfaat masker pepaya dalam mengangkat sel kulit mati juga bisa membuat kulit menjadi lebih lembut dan tampak lebih cerah. Khasiat pepaya dalam mencerahkan atau memutihkan kulit ini dapat diperoleh berkat kandungan vitamin C di dalamnya.

Menurut sebuah penelitian, vitamin C telah terbukti efektif dalam menghambat produksi melanin sehingga penggunaannya dapat mencerahkan kulit yang kusam.

Mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan

Manfaat pepaya ini dapat diperoleh berkat kandungan asam malat di dalamnya. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa asam malat yang dioleskan ke kulit dapat merangsang produksi kolagen. Kolagen merupakan protein yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga elastisitas dan kelembapan kulit, sehingga berperan penting dalam mencegah munculnya kerutan di wajah.

Populer video

Berita lainnya