Tetap Semangat Bekerja saat Ramadhan, Cobalah Tips Ini!

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bekerja selama bulan Ramadhan memiliki tantangan tersendiri. Pasalnya, kondisi tubuh yang tengah menahan lapar dan haus, terkadang membuat kita mengeluh ataupun merasa lemas ketika bekerja. Ya, puasa tak boleh menjadi alasan kita bermalas-malasan untuk beraktivitas. Oleh karena itu, berikut ini 7 tips buat anda, agar tetap bersemangat saat bekerja selama bulan Ramadhan.

Niat

Miliki niat bekerja dengan semangat cukup mujarab, agar kamu semangat selama Ramadhan. Meski harus bekerja dalam kondisi menahan lapar dan haus, pastikan kamu tetap memiliki niat untuk bekerja dengan semangat. Ketika kamu sudah memiliki niat itu, bekerja selama Ramadhan bukan menjadi persoalan.

Porsi makan sahur yang cukup

Sahur dan buka puasa menjadi waktu anda untuk mengisi energi tubuh. Namun perlu diingat, porsi makan anda tidak harus berlebihan. Di saat sahur, makanlah secukupnya. Sebab makan dengan porsi berlebihan, justru akan membuat anda lemas dan mengantuk. Pilih menu seimbang, yang mengandung karbohidrat, protein, dan serat. Perbanyaklah konsumsi sayur dan buah.

Atur jam tidur

Jika anda memiliki kebiasaan tidur larut malah, alangkah baiknya hindari di bulan Ramadhan ini. Cobalah tidur lebih awal, karena anda juga harus bangun lebih awal untuk santap sahur. Selain itu, ada baiknya anda tidak melanjutkan tidur setelah sahur dan salat Subuh. Hal ini yang menyebabkan anda merasa lemas saat terbangun. Lebih baik anda mengisi waktu dengan berolahraga atau membaca Alquran, sambil menunggu waktu berangkat bekerja.

Selingi kerja dengan aktivitas menyegarkan

Selama bulan puasa, manfaatkan jam istirahat makan siang dengan melakukan aktivitas yang dapat menyegarkan diri anda. Seperti olahraga kecil yang membuat anda merasa segar dan relaks, atau berjalan-jalan di lingkungan kantor, dan sesekali ngobrol dengan rekan sekantor. Anda juga bisa mengisinya dengan tidur siang selama 20-30 menit. Dengan begitu anda akan merasa segar dan siap bekerja kembali.

Hindari kafein di bulan puasa

Boleh jadi kafein di hari bias dapat memberikan anda kesegaran, terutama di saat mengantuk. Namun tidak di bulan puasa. Hindari mengonsumsi kafein di saat berbuka dan sahur, karena dapat melukai lambung dan membuat anda sakit.

Jaga kesehatan tubuh

Kenali kapasitas tubuh anda sendiri. Hindari makanan yang tidak menyehatkan, kegiatan yang tidak mendukung produktivitas dan lain sebagainya. Jika badan sehat, maka pekerjaan apapun dapat anda kerjakan secara maksimal.

Populer video

Berita lainnya