6 Tips Siasati Rasa Ngantuk saat Berpuasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Puasa tak boleh menjadi alasan turunnya performa dalam beraktivitas. Momen Ramadhan ini justru harus dijadikan sebagai tantangan untuk dapat meningkatkan kinerja kita. Namun tak dipungkiri, faktanya banyak yang merasa lemas dan mengantuk saat sedang berpuasa.

Selama Ramadhan, aktivitas makan, minum, interaksi sosial, dan olahraga sering ditangguhkan sampai malam hari, sehingga mengurangi jam tidur dan kualitas tidur. Selain itu, terdapat ibadah tarawih yang dapat menambah penangguhan jam tidur bagi sebagian orang.

Mengantuk saat berpuasa sendiri disebabkan oleh perubahan ritme sirkadian, alias jam biologis tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berpuasa dapat menyebabkan perubahan ritme sirkadian. Saat berpuasa, suhu inti tubuh dan pengeluaran hormon kortisol di siang hari menurun, dan pengeluaran hormon melatonin juga berkurang selama puasa.

Sekadar informasi, melatonin merupakan hormon utama yang mengatur siklus tidur-bangun dengan cara mengubah suhu inti tubuh. Sedangkan kortisol yang disebut dengan ‘hormon stress’, yang membantu kita untuk tetap terjaga di siang hari. Penelitian juga menunjukkan, rata-rata terdapat penundaan waktu tidur selama satu jam di bulan puasa, dan berkurang sebanyak 30-60 menit. Pada akhirnya hal ini menyebabkan orang yang berpuasa mengantuk di siang hari.

Jadi, bagi anda yang ingin menyiasati rasa ngantuk di siang hari saat berpuasa, tak perlu khawatir. Dilansir dari laman Hellosehat, berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan, agar tetap segar di siang hari selama berpuasa.

1. Buat jadwal tidur tetap di malam hari dan coba untuk menjalaninya selama bulan Ramadan. Kurang tidur dapat menyebabkan tubuh memiliki utang tidur yang menyebabkan anda mengantuk di siang hari.
2. Usahakan selalu terpapar sinar matahari di siang hari, untuk memperkuat ritme sirkadian tubuh.
3. Hindari cahaya dari layar gadget atau televisi sebelum tidur malam.
4. Jaga pola makan, karena diet yang seimbang dapat membuat anda tidur dengan baik. Beberapa orang tidak bisa tidur dengan perut kosong, sehingga camilan dianjurkan. Beberapa sumber menganjurkan untuk minum susu, karena kandungan triptopan di dalamnya dapat memicu rasa kantuk.
5. Hindari minum-minuman berkafein minimal 4 jam sebelum waktu tidur.
6. Tidur siang jika diperlukan. Tidur selama 15-30 menit, cukup untuk mengistirahatkan tubuh agar tetap fresh di siang hari.

Populer video

Berita lainnya