Atasi Kantuk saat Puasa Agar Aktivitas Tetap Produktif

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mengantuk
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mengantuk ketika berpuasa merupakan wajar terjadi, mengingat selama Bulan puasa biasanya lebih rentang kurang tidur. Sebab, banyak dari kita yang sengaja bangun tengah malam melaksanakan ibadah di malam hari, dan bersiap-siap untuk santap sahur.

Meski begitu, puasa bukan menjadi alasan seseorang berhenti menjalani aktivitas. Sementara rasa kantuk tentunya sangat mengganggu Anda ketika menjalani kegiatan. Lantas bagaimana caranya menatasi rasa kantuk saat berpuasa? Simak penjelasan berikut ini.

Atur Kebiasaan Minum Air Putih

Cara mengatasi ngantuk saat puasa yang pertama adalah dengan mengatur kebisaan minum air putih. Jangan sepelekan soal minum air putih ya, girls! Karena dehidrasi dapat menyebabkan rasa lemas dan ngantuk.
Pastikan untuk minum air putih yang cukup selama berpuasa, yaitu sekitar 8 gelas per hari.

Makan Makanan Sehat saat Sahur

Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi selama berpuasa bisa membantu menjaga energi tubuh dan mencegah rasa kantuk. Mulai dengan sahur yang seimbang, mengandung kombinasi karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, dan serat.

Karbohidrat kompleks seperti oatmeal atau roti gandum memberikan energi berkelanjutan, sementara protein dan lemak sehat membantu merasa kenyang lebih lama. Sebisa mungkin, hindari makanan yang tinggi gula dan lemak. Tambahkan juga buah dan sayuran untuk asupan vitamin dan mineral yang esensial.

Tidur Siang Sebentar

Cara mengatasi ngantuk saat puasa selanjutnya adalah tidur siang. Setidaknya tidur siang selama 15-30 menit dapat membantu mengembalikan energi tubuh dan mengurangi rasa ngantuk.

Bergerak dan Olahraga Ringan

Olahraga ringan bisa banget membantu meningkatkan aliran darah dan mengurangi rasa ngantuk saat puasa, girls. Lakukan olahraga ringan selama 15-30 menit setiap hari seperti berjalan kaki, bersepeda, atau yoga.

Jalani Aktivitas yang Disukai

Lakukan aktivitas yang menyenangkan untuk menghindari rasa ngantuk. Kita bisa membaca buku, menonton film, membuat prakarya atau bermain bersama keluarga.

Populer video

Berita lainnya