Kapan Waktu yang Tepat Mengganti Handuk dan Bagaimana Cara Mencucinya?

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Perhatikan Waktu Mengganti Handuk dan Cara Mencucinya
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Handuk menjadi barang yang mungkin sering terlupakan dan dianggap sepele. Padahal handuk merupakan barang yang sering digunakan untuk membersihkan dan mengeringkan tubuh kita. Oleh karenanya, kebersihan handuk juga menjadi hal yang penting. Jika digunakan terlalu lama atau tidak dicuci dengan benar, bisa jadi handuk justru dapat meningkatkan risiko anda terkena penyakit.

Selama ini, berapa lama anda biasanya mengganti handuk? Ternyata lamanya pemakaian handuk bisa berbeda-beda, tergantung penggunaan handuk tersebut. Melansir dari laman alodokter, berikut penjelasannya.

Handuk olahraga

Aturan mengganti handuk mandi berbeda dengan handuk yang digunakan saat olahraga. Anda dianjurkan untuk segera mengganti handuk olahraga setiap kali digunakan. Demikian juga dengan handuk yang digunakan ketika sakit, handuk mandi yang dipakai tamu di rumah, atau handuk yang sudah terjatuh di lantai. Jangan digunakan kembali dan harus segera dicuci.

Handuk mandi

Untuk handuk mandi yang digunakan sendiri sebaiknya ganti setiap 3 hari atau 2 kali seminggu. Setiap kali selesai digunakan, jemur handuk mandi yang lembap hingga kering. Hindari juga menggunakan handuk mandi bergantian dengan anggota keluarga lain, meski hanya digunakan di area wajah. Hal ini dapat meningkatkan risiko perpindahan kuman.

Setelah memahami seberapa lama baiknya handuk itu digunakan, perlu juga mengetahui bagaimana mencuci handuk yang baik dan benar. Sebab, handuk yang terlihat bersih belum tentu bebas dari kuman. Berikut ini beberapa tips mencuci handuk yang dapat anda coba:

  • Handuk mandi sebaiknya dicuci dengan suhu tinggi dan menggunakan produk detergen pencerah pakaian yang aman. Anda juga bisa menggunakan produk detergen berbahan lembut dan berlabel hypoallergenic bila memiliki kulit sensitif.
  • Handuk mandi yang digunakan untuk olahraga atau saat sakit sebaiknya dicuci menggunakan air dengan suhu di atas 60o Celcius dan menggunakan detergen bubuk serta bahan pemutih.
  • Hindari mencampur handuk dengan pakaian lain saat proses pencucian.
  • Selesai mencuci handuk mandi, jemur di tempat yang kering atau terkena sinar matahari langsung agar kuman dapat hilang.
  • Hindari meninggalkan cucian atau handuk mandi yang sudah dicuci terlalu lama di mesin cuci, karena dapat menyebabkan berkembangnya kuman.
  • Bersihkan permukaan handuk atau pakaian dari debu atau kotoran halus yang mungkin menempel saat proses penjemuran sebelum menyetrika dan melipatnya.
  • Jangan lupa untuk rutin membersihkan mesin cuci dengan pembersih desinfektan.
  • Untuk mencegah penularan penyakit, penting untuk selalu menjaga kebersihan diri dan peralatan pribadi, termasuk handuk, dan tidak berbagi pakai handuk dengan orang lain.

Populer video

Berita lainnya