Jangan Berlarut-larut, Ini Cara Move On dari Kesalahan di Masa Lalu

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Move On dari Kesalahan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Setiap orang tentu pernah melakukan kesalahan. Karena pada dasarnya, tidak ada manusia yang sempurna. Hanya saja, sebagian orang mungkin bisa menerima kenyataan dan menjadikan kesalahannya sebagai pelajaran. Namun tak sedikit juga yang merasa sulit melepas masa lalu.

Intinya, jangan biarkan kesalahan di masa lalu terus-menerus menghantui hidupmu. Meski tidak mudah untuk bangkit dari kesalahan di masa lalu, bukan berarti anda tidak bisa mencoba untuk melepaskannya, dan kembali menjalani aktivitas sehari-hari dengan tenang dan nyaman. Melansir dari laman alodokter, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar segera move on dari kesalahan masa lalu.

Mengakui kesalahan di masa lalu

Untuk bisa bangkit dari kesalahan di masa lalu, anda perlu mengakui dan menerima kesalahan tersebut. Dengan mengakuinya, anda akan mampu memandang kesalahan tersebut sebagai sebuah pelajaran, bukan sebagai kegagalan yang perlu diratapi, sehingga anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi di masa depan.

Memaafkan diri sendiri

Terus-menerus menyalahkan diri sendiri adalah salah satu hal yang bisa menyebabkanmu sulit untuk bangkit dari kesalahan di masa lalu. Oleh karena itu, mulai sekarang belajarlah untuk memaafkan diri sendiri. Ingat, melakukan kesalahan adalah hal yang sangat manusiawi dan bukanlah akhir dari hidup ini.

Memaafkan diri sendiri sangat penting dalam proses penyembuhan luka batin, karena memungkinkan anda untuk melepaskan perasaan dan emosi negatif, seperti amarah, kesedihan, rasa bersalah, dan rasa malu, yang terkait dengan kesalahan di masa lalu.

Meminta maaf pada orang lain

Cobalah renungkan apakah kesalahanmu di masa lalu menyebabkan orang lain tersakiti? Jika iya, anda mungkin bisa meminta maaf dengan tulus kepada orang itu, atau bila memungkinkan, cobalah perbaiki kesalahan tersebut. Cara ini juga bisa membantumu untuk memperbaiki hubungan yang selama ini rusak, sehingga silaturahmi bisa kembali terjalin.

Melakukan self-talk yang positif

Saat pikira tergganggu dengan kesalahanmu di masa lalu, cobalah untuk melakukan self-talk yang positif. Hal ini bermanfaat untuk menata kembali pikiran dan mencegah anda terjebak ke dalam pikiran-pikiran negatif.

Melakukan hal-hal menyenangkan

Selain bisa menghibur, melakukan berbagai hal positif yang anda sukai juga bisa memberi cara pandang baru mengenai kehidupan yang dijalani. Hal ini kemudian bisa membantu anda merasa lebih bersyukur dan bisa bangkit dari kesalahan di masa lalu.

Quality time bersama orang terdekat

Melakukan quality time bersama orang terdekat, seperti keluarga dan sahabat, adalah cara yang cukup ampuh untuk move on dari kesalahan di masa lalu. Ini karena perhatian dan gelak tawa yang anda dapatkan saatbersama orang-orang terdekat, bisa mengalihkan pikiran dari emosi negatif dan luka batin yang kamu pendam dan rasakan selama ini.

Konsultasi dengan tenaga profesional

Apabila anda telah mencoba cara-cara di atas, tetapi masih dihantui kesalahan di masa lalu yang berdampak pada aktivitas sehari-hari, mungkin ini saatnya untuk berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater. Sebab bila dibiarkan berlarut-larut, hal tersebut bisa membuat anda stres dan meningkatkan risiko terjadinya gangguan mental, seperti depresi atau PTSD.

Populer video

Berita lainnya