Apa Saja sih Manfaat Creambath untuk Rambut?

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Creambath untuk Rambut
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bagi anda yang gemar ke salon, mungkin tak asing lagi dengan treatment creambath. Ya, creambath adalah perawatan rambut dan kulit kepala untuk melembapkan rambut yang kering, melembutkan dan memberi nutrisi pada rambut, serta mencegah rambut dari kerusakan.

Perawatan creambath dilakukan dengan cara mengoleskan krim yang kaya akan pelembap dan nutrisi ke rambut. Kemudian rambut dan kulit kepala dipijat agar krim lebih cepat meresap. Lalu kepala ditutup dengan steamer atau handuk panas dan didiamkan selama minimal 15 menit. Setelah itu, rambut dibilas menggunakan sampo hingga bersih.

Lantas apa saja manfaat creambath? Dilansir dari laman ALODOKTER, berikut manfaat melakukan perawatan creambath tergantung pada kandungan yang terdapat di dalam krim yang digunakan.

Melembutkan rambut

Rambut kusut dan sulit diatur bisa membuat anda mengalami bad hair day. Apalagi jika anda sudah mencoba berbagai macam cara untuk merapikannya, tapi tidak juga membuahkan hasil. Nah, manfaat creambath yang bisa langsung dirasakan adalah melembutkan rambut. Guna mendapatkan manfaat ini, pilihlah krim yang mengandung silika.

Anda juga bisa menggunakan bahan alami seperti pisang. Pasalnya, pisang juga mengandung silika dan mineral yang bisa melembutkan dan membuat rambut lebih bercahaya.

Memperkuat rambut

Creambath bermanfaat untuk merawat batang dan akar rambut sehingga tidak mudah rontok. Beberapa contoh bahan alami untuk menguatkan rambut yang dapat digunakan saat creambath adalah telur dan lidah buaya.

Kandungan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin E, biotin, protein, dan folat, pada kedua bahan alami tersebut dapat merangsang pertumbuhan dan menjaga kekuatan rambut. Anda juga bisa mencampurkan telur atau lidah buaya dengan madu agar rambut lebih berkilau.

Mengatasi rambut kering

Rambut kering cenderung mudah kusut dan rapuh. Krim yang digunakan untuk creambath umumnya mengandung minyak yang membuat rambut lebih lembap. Perawatan ini lebih efektif untuk mengatasi rambut kering dibandingkan menggunakan kondisioner.

Relaksasi

Pijatan yang dilakukan terapis juga bermanfaat untuk mengendurkan otot-otot di sekitar kepala, leher, dan bahu. Kulit kepala yang segar ditambah tubuh yang lebih rileks dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Selain itu, pijatan di kulit kepala juga dapat melancarkan aliran darah di folikel atau akar rambut, sehingga rambut dapat lebih kuat dan sehat.

Memperbaiki rambut yang rusak

Penataan rambut yang kurang baik, seperti sering meluruskan, mengeriting, mewarnai, atau mencatok, dapat membuat rambut mudah rusak. Ditambah lagi paparan sinar matahari, polusi udara, dan perubahan cuaca juga dapat menyebabkan rambut dan kulit kepala bermasalah.

Populer video

Berita lainnya