Tips Nonton Konser Agar Tetap Seru, Aman dan Nyaman

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Konser Musik
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Para penikmat musik sudah bisa tersenyum lega. Pasalnya, mereka kini sudah dapat kembali menikmati gelaran konser musik, setelah dua tahun ditiadakan lantaran kasus Covid-19. Apalagi belakangan semakin banyak jadwal konser musik artis baik dalam maupun luar negeri.

Ya, nonton konser bisa menjadi momen melepas penat dari berbagai kesibukan harian maupun dari kondisi pandemi yang selama dua tahun ini melanda dunia. Namun sebelum nonton konser, tentu ada banyak hal yang perlu dipersiapkan agar konser Anda semakin seru dan tetap aman. Melansir laman sehatQ, berikut ini beberapa persiapan yang perlu Anda pertimbangkan dari segi kesehatan.

Kenakan pakaian yang nyaman

Outfit yang nyaman sangat penting selama menonton konser. Jangan sampai pakaian yang digunakan justru malah menghalangi aktivitas atau gerak Anda selama konser. Cobalah memilih pakaian dengan bahan katun yang longgar untuk memungkinkan kulit Anda bernapas dan menyerap keringat. Gunakan pakaian yang sejuk dan nyaman yang memungkinkan Anda untuk bebas bergerak.

Pilih sepatu yang nyaman

Anda akan lebih banyak berdiri saat konser, baik saat mengantre ataupun saat menonton konser. Untuk itu, dibutuhkan sepatu yang nyaman untuk memudahkan ruang gerak sekaligus menunjang kesehatan Anda. Sebaliknya, sepatu yang terlalu sempit dan memiliki hak tinggi akan menyebabkan masalah sirkulasi pada kaki sehingga berisiko memicu kram, kesemutan, hingga mati rasa.

Gunakan kaus kaki

Anda juga bisa menambahkan kaus kaki untuk memberikan kompresi yang tepat sekaligus bantalan yang nyaman pada kaki. Kaus kaki bisa membantu menjaga sirkulasi darah di kaki ketika harus berdiri dalam waktu yang lama. Kaus kaki juga bisa mencegah kelelahan, nyeri, dan pembengkakan pada kaki.

Pertahankan postur tubuh yang baik

Saat lelah, Anda mungkin akan cenderung membiarkan punggung bawah melengkung, bahu merosot, dan membiarkan tubuh melorot ke arah panggul. Kondisi ini bisa memberi tekanan pada otot dan persendian. Cobalah untuk mempertahankan postur tubuh yang baik selama konser maupun saat mengantre masuk dengan cara berikut ini:

  • Jaga jarak kedua kaki selebar pinggul.
  • Jaga berat badan Anda merata di kedua kaki.
  • Anda juga bisa coba pindahkan berat badan dari satu kaki ke kaki lainnya setiap 20 menit.
  • Jaga agar posisi tetap tegak dengan bahu yang tegak.
  • Cobalah melipat atau menyelipkan dagu sedikit untuk menghindari postur kepala ke depan yang membuat punggung tampak bungkuk.

Siapkan air minum

Pastikan selalu menyiapkan air minum sebelum, selama, dan setelah konser. Minum air yang cukup membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Kekurangan cairan atau dehidrasi bisa meningkatkan risiko kelelahan, pusing, hingga kurang fokus. Kondisi ini tentu bisa mengganggu keseruan konser Anda.

Anda juga perlu menghindari minuman bersoda atau minuman manis dengan kadar gula tinggi. Minuman jenis ini akan menambah asupan kalori dan meningkatkan risiko kegemukan.

Jangan lupa makan

Nonton konser merupakan aktivitas yang akan menguras energi dan membutuhkan stamina. Untuk itu, perlunya memenuhi kebutuhan nutrisi dengan makan makanan bergizi sebelum pergi konser. Cobalah hindari makanan ringan atau junk food dengan kalori tinggi yang mungkin banyak tersedia di arena konser. Makanan jenis ini tentu bisa meningkatkan risiko kegemukan dan mengganggu kesehatan Anda.

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup diperlukan sebelum dan sesudah konser berlangsung. Sebelum konser, Anda membutuhkan tidur atau istirahat cukup untuk mempersiapkan diri Anda mengikuti beragam rangkaian konser yang pastinya melelahkan. Sementara itu, istirahat yang cukup setelah konser dibutuhkan untuk memulihkan kembali kondisi tubuh Anda setelah berjam-jam mengikuti rangkaian konser.

Menjaga protokol kesehatan

Meski akan berdesakan selama konser, cobalah untuk selalu melindungi diri dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Anda bisa tetap menggunakan masker selama konser dan membawa hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan. Hindari pergi nonton konser saat kondisi tubuh tidak fit karena Anda berisiko lebih tinggi tertular dan menularkan berbagai penyakit.

Populer video

Berita lainnya