4 Obat Alami untuk Mengatasi Sariawan di Lidah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Sariawan di Lidah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sariawan di mulut memang terasa tersiksa. Apalagi di area lidah dimana anda akan kesulitan untuk mengunyah makanan dan berbicara. Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan sariawan di lidah. Mulai dari lidah tergigit saat sedang makan, menyikat gigi terlalu keras, atau infeksi bakteri.

Jika anda sedang sariawan di lidah, ada banyak pilihan obat untuk mengatasinya. Salah satunya obat alami yang bisa anda temukan di rumah. Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini obat-obatan alami untuk mengatasi sariawan di lidah.

Kumur air garam

Berkumur dengan air garam bisa menjadi salah satu cara mengobati saat muncul sariawan yang membandel di lidah. Pasalnya, manfaat garam mampu mengatasi berbagai gangguan mulut. Obat alami sariawan di lidah ini diklaim dapat membasmi bakteri dan kuman jahat di mulut. Hal ini yang dapat membantu meringankan peradangan di area yang terluka.

Anda cukup mencampurkan setengah sendok teh garam dalam air hangat sampai larut. Lalu kumur-kumur dengan air garam tersebut selama 1-2 menit. Anda juga bisa berkumur air garam beberapa kali dalam sehari sampai sariawan mengecil atau menghilang

Lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat antiradang dan antinyeri alami sehingga bisa menjadi alternatif cara mengobati sariawan di lidah. Tumbuhan yang satu ini bisa membantu meringankan peradangan dan rasa nyeri karena sariawan.

Caranya, anda cukup menyiapkan beberapa batang lidah buaya asli dan cuci sampai bersih. Kemudian, oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung pada sariawan. Biarkan selama beberapa jam dan ulangi dua sampai tiga kali sehari.

Es batu

Sariawan di lidah bisa membengkak dan terasa menyakitkan. Agar sariawan cepat kempis dan sembuh, anda bisa mengompresnya lidah dengan es batu. Obat yang satu ini manjur untuk mengempiskan bengkak pada jaringan mulut yang terluka.

Anda cukup dengan mengambil beberapa bongkah es batu, Lalu bungkus dengan selembar waslap atau kain kering yang bersih. Setelah itu, tempelkan kain di bagian lidah yang sariawan selama beberapa menit.

Teh celup

Daun teh dipercaya dapat membantu melawan infeksi dan peradangan yang menyebabkan sariawan. Selain itu, teh juga mengandung alkali yang bisa menetralkan asam di mulut yang bisa membuat sariawan terasa perih.

Anda dapat mengompres sariawan di lidah anda, dengan bekas kantong teh celup selama kira-kira 5 menit. Lakukan selama beberapa kali sehari sampai sariawan mereda.

Populer video

Berita lainnya