Cara Ampun Menghilangkan Komedo Secara Alami

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Komedo memang jadi salah satu masalah kulit yang membandel. Komedo terdiri dari 2 jenis, yakni komedo putih (whitehead) dan komedo hitam (blackhead). Komedo disebabkan penyumbatan pori-pori kulit akibat tumpukan sel kulit mati dan produksi minyak berlebih.

Tak harus lewat treatment di klinik, ada beberapa cara menghilangkan komedo baik dari bahan-bahan alami atau menggunakan skincare tertentu. Bahan alami ini bisa didapatkan secara langsung atau bahkan menggunakan berbagai produk skincare untuk menghilangkan komedo yang memang sudah memiliki bahan alami di dalamnya. Melansir laman halodoc, berikut beberapa cara menghilangkan komedo dengan bahan alami.

Tea tree oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil sudah sejak lama digunakan sebagai cara alami menghilangkan komedo dan jerawat membandel. Hal ini karena tea tree oil mengandung senyawa antimikroba sehingga mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, Propionibacterium acnes.

Senyawa antiradang dalam minyak pohon teh juga mampu mengurangi pembengkakan dan kemerahan akibat jerawat. Anda bisa menggunakan minyak tea tree oil yang dilarutkan dengan minyak pelarut, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Lalu, oleskan pada area kulit yang terdapat komedo, seperti pipi dan hidung.

Lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk jerawat dan komedo berasal dari kandungan antibakteri dan antiradang yang mampu mencegah atau mengurangi keparahan jerawat. Lidah buaya juga merupakan pelembap alami sehingga mampu mencegah kulit kering.

Cara menghilangkan komedo dengan lidah buaya bisa dilakukan dengan mengambil gel melalui tanamannya secara langsung. Anda juga bisa mengoleskan produk Aloe vera gel atau krim yang mengandung lidah buaya pada area kulit yang terdapat komedo dan jerawat.

Madu

Madu mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu membersihkan pori-pori tersumbat penyebab komedo. Tak hanya itu, manfaat madu juga berasal dari kandungan antibakteri di dalamnya.

Anda bisa mengoleskan sedikit madu pada area kulit sebagai masker untuk menghilangkan komedo menggunakan jari atau kapas bersih.

Lemon

Lemon kaya akan vitamin C atau asam askorbat yang dapat melembapkan kulit. Efek melembapkan inilah yang disinyalir dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mencegah penyumbatan pori-pori di kulit.

Meski demikian, beberapa orang mungkin akan sensitif dengan lemon segar. Terlebih jika ada luka terbuka karena bisa menimbulkan rasa perih yang amat sangat.

Garam laut

Garam dipercaya dapat membantu membersihkan pori-pori secara mendalam dan menyeimbangkan produksi minyak. Tekstur garam yang kasar juga bisa menjadi bahan eksfoliasi kulit alami untuk mencegah penumpukan sel kulit mati penyebab komedo.

Garam dapat menyingkirkan bakteri yang memicu timbulnya masalah kulit wajah, seperti komedo atau jerawat. Cara menghilangkan komedo dengan garam bisa dicampurkan dengan air perasan lemon dan madu.

Kopi

Kopi mengandung tinggi antioksidan dan bersifat antibakteri serta antijamur. Kandungan ini bisa membantu mencegah bakteri masuk ke dalam pori kulit yang bisa sebabkan komedo. Selain itu, tekstur kopi yang sedikit kasar juga dapat menjadi bahan eksfoliasi alami untuk mengangkat sel kulit mati.

Putih telur

Ini tidak lepas dari kandungan tinggi protein pada putih telur yang bisa membantu menyerap minyak berlebih dan mengencangkan kulit, sehingga pori-pori wajah dapat tersamarkan. Pori-pori wajah yang mengecil dan berkurangnya minyak berlebih dapat mencegah terbentuknya komedo.

Baking soda

Baking soda mampu menetralkan pH kulit dan berfungsi sebagai eksfoliator alami untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati penyebab komedo. Soda kue ini juga baik untuk jerawat karena bersifat anti-bakteri yang bisa mengurangi bakteri penyebab jerawat.

Anda hanya perlu mencampurkannya dengan air hingga bertekstur seperti pasta.
Lalu oleskan pada wajah dan tunggu hingga kering. Jika sudah mengering, cuci bersih muka kembali dengan air dan pastikan untuk menggunakan pelembap setelahnya, karena campuran soda kue ini dapat membuat kulit kering.

Tomat

Tomat memiliki kandungan yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan kesehatan kulit karena tinggi kandungan vitamin C dan vitamin A. Kandungannya bisa membantu menyerap keringat, mengecilkan pori-pori wajah, dan membantu mencerahkan.

Untuk membuat masker tomat, campurkan gula dan tomat yang sudah dihaluskan. Kemudian oleskan masker pada kulit wajah.

Populer video

Berita lainnya