Bruntusan di Jidat Bikin Gak Pede, Ini Cara Menghilangkannya Secara Alami

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: IST

Celebritthink.com – Kulit bruntusan di jidat bisa diatasi dengan merawat kulit menggunakan produk skincare yang tepat. Produk perawatan dengan kandungan zat tersebut merupakan solusi jerawat dan bruntusan yang paling efektif.

Namun, produk-produk tersebut relatif mahal dan kemungkinan memiliki efek samping. Oleh karena itu, banyak orang mencari cara menghilangkan bruntusan di jidat secara alami sebagai langkah alternatif. Melansir laman alodokter, berikut beberapa cara menghilangkan bruntusan di jidat secara alami.

Lidah buaya

Lidah buay dipercaya dapat menjadi cara menghilangkan bruntusan di jidat secara alami. Hal ini berkat kandungan asam salisilat dan sulfur pada lidah buaya yang dikenal dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bruntusan dan jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat ini, oleskan gel lidah buaya ke area jidat yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Anda dapat mengulanginya sebanyak 1–2 kali sehari atau sesuai kebutuhan.

Madu dan kayu manis

Penggunaan masker madu dan kayu manis bisa dicoba sebagai cara menghilangkan bruntusan di jidat secara alami. Kedua bahan alami ini memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan antiradang yang dipercaya dapat membunuh dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Tea tree oil

Tea tree oil dikenal sebagai minyak esensial yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk bruntusan di jidat. Hal ini berkat sifat antibakteri dan antiradang dari minyak tersebut yang dipercaya efektif melawan bakteri penyebab jerawat dan bruntusan.

Namun tea tree oil bisa menyebabkan iritasi jika dioleskan langsung ke kulit. Oleh karena itu, lakukan langkah berikut jika ingin menggunakan tea tree oil untuk mengatasi bruntusan di jidat:

  • Campurkan 1 sendok teh tea tree oil dengan 1 sendok teh carrier oil, seperti minyak kelapa atau minyak almond.
  • Celupkan kapas bersih ke dalam campuran, lalu oleskan pada area jidat yang bruntusan.
  • Ulangi proses ini 1–2 kali sehari atau sesuai kebutuhan.

Teh hijau

Teh hijau juga bisa dioleskan ke area jidat sebagai cara menghilangkan bruntusan di jidat secara alami. Kandungan polifenol dan tanin di dalam teh hijau dipercaya dapat membantu melawan bakteri penyebab bruntusan dan mengurangi peradangan.

Selain itu, teh hijau juga mengandung antioksidan EGCG yang terbukti dapat mengurangi peradangan, menurunkan produksi minyak alami (sebum) di kulit, dan menghambat pertumbuhan bakteri di wajah.

Cuka apel

Cuka apel mengandung asam alami, seperti asam sitrat, yang dipercaya dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan bruntusan, serta menyamarkan bekasnya. Namun, cuka apel dapat menyebabkan iritasi kulit. Oleh karena itu, campurkan cuka apel dengan air sebelum menggunakannya sebagai cara menghilangkan bruntusan di jidat secara alami.

Timun

Ternyata timun juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit bruntusan atau jerawat. Timun memiliki sifat antiradang dan antioksidan yang dipercaya dapat menenangkan kulit dan mengurangi peradangan. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menggunakan timun sebagai masker wajah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Haluskan setengah buah timun hingga menjadi pasta encer.
  • Pisahkan sari timun dan ampasnya dengan menggunakan saringan.
  • Bersihkan wajah, lalu oleskan sari timun yang sudah disaring ke area jidat yang bruntusan.
  • Diamkan selama 15 menit, lalu bilas wajah dengan air dingin.

Kunyit

Kunyit juga bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan bruntusan di jidat secara alami. Rempah berwarna kuning ini memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang dipercaya dapat mengatasi permasalahan kulit jerawat atau bruntusan.

Untuk mendapatkan manfaat kunyit sebagai cara menghilangkan bruntusan di jidat secara alami, Anda bisa membuat masker wajah dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan madu. Setelah itu, oleskan masker ke wajah dan biarkan selama 10 menit. Bilas masker dengan air hangat dan lanjutkan dengan penggunaan skincare lainnya.

Populer video

Berita lainnya