Tips Mudah Meredakan Rasa tidak Nyaman dan Memulihkan Pegal Linu

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Leher Pegal
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Pegal linu sering diartikan sebagai sekumpulan rasa nyeri, kaku, atau tidak nyaman yang bisa terjadi di tangan, kaki, punggung, bahkan di sekujur tubuh. Saat mengalami pegal linu, biasanya seseorang jadi tidak bebas bergerak dan beraktivitas.

Ada banyak kondisi yang bisa memicu pegal linu, termasuk kebiasaan begadang, kembali berolahraga setelah lama vakum, atau sedang mengalami penyakit infeksi tertentu, seperti flu atau malaria.

Jika pegal linu terjadi terus menerus, bisa saja menjadi pertanda kondisi kesehatan tertentu. Namun bila disebabkan kelelahan, olahraga, atau kurang tidur, pegal linu akan reda dengan sendirinya dalam waktu 2–5 hari. Untuk meredakan rasa tidak nyaman dan mempercepat pemulihan pegel linu, Anda bisa melakukan tips berikut seperti dilansir dari laman alodokter.

Minum banyak cairan

Cairan penting dalam proses pemulihan tubuh dari pegal linu. Terpenuhinya asupan cairan diketahui dapat meredakan peradangan dan membantu aliran nutrisi ke otot. Hal ini yang akan membantu mengurangi pegal linu. Jadi, pastikan memenuhi asupan cairan harian Anda.

Mandi air hangat

Penelitian menunjukkan bahwa panas dan lembap, baik dari handuk hangat atau mandi air hangat, dapat mengurangi pegal linu saat flu dan mencegah munculnya pegal linu setelah berolahraga (DOMS).

Gunakan kompres dingin

Selain dengan mandi air hangat atau kompres hangat, Amda bisa mencoba kompres dingin untuk mengurangi pegal linu. Kompres dingin diketahui dapat meredakan peradangan pada otot dan sendi.

Lakukan pijat

Pijat diyakini dapat meningkatkan aliran darah ke otot, sehingga nyeri dan kaku pada otot berkurang. Untuk meredakan pegal linu, Anda bisa memijat sendiri dengan tangan, meminta bantuan orang lain jika area yang ingin dipijat sulit dijangkau, atau menggunakan alat bantu, seperti foam roller.

Konsumsi makanan tinggi protein

Mengonsumsi makanan tinggi protein dapat membantu proses pemulihan dan regenerasi sel otot yang rusak ini, jadi bisa mengatasi pegal linu. Anda dapat mencoba berbagai makanan dan minuman yang kaya akan protein, seperti ikan sarden, salmon, telur, susu, dada ayam, atau whey protein.

Lakukan peregangan

Meski terasa kurang nyaman, Anda masih bisa mencoba latihan peregangan (stretching) untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi pegal linu. Selain itu, olahraga ringan, seperti yoga, jalan santai, atau bersepeda, juga sangat dianjurkan untuk membantu mengurangi nyeri dan kaku pada otot.

Tidur yang cukup

Tidur mampu meningkatkan pembentukan protein baru yang bertujuan untuk memperbaiki kerusakan otot. Agar pegal linu berkurang, kamu perlu tidur 7–8 jam setiap hari.

Konsumsi obat pereda nyeri

Anda juga kamu dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang bisa dibeli bebas di apotek, seperti paracetamol.

Populer video

Berita lainnya