Cara Ampuh Menahan Lapar dan Haus saat Berpuasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Menahan Lapar
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Merasa lapar merupakan hal yang wajar terjadi bagi mereka yang berpuasa. Namun apabila Anda kesulitan menahan rasa lapar dan haus, sebaiknya siasati dengan beberapa hal. Dengan begitu ibadah puasa Anda bisa sukses dan lancar sampai waktu magrib. Melansir laman sehatQ, berikut beberapa tips ampuh menahan lapar saat berpuasa.

Konsumsi makanan yang dapat menahan rasa lapar saat puasa

Sebaiknya konsumsi berbagai makanan bergizi tinggi untuk mendapatkan energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Cobalah untuk mengonsumsi berbagai makanan berikut di waktu buka atau sahur. Sebaliknya, jika Anda makan sembarangan saat sahur, rasa lemas, hingga lapar di siang hari bisa menghantui Anda.

Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Dehidrasi karena kebutuhan cairan yang tidak terpenuhi dapat menyebabkan kram otot, sakit kepala, dan memperburuk rasa lapar. Itu sebabnya Anda perlu memenuhi kebutuhan cairan di luar waktu puasa. Cobalah untuk mengonsumsi dua liter cairan secara berkala di antara waktu berbuka hingga sahur. Anda bisa minum air putih, teh, atau sup sebagai cara agar tidak lapar saat puasa.

Porsi makan yang cukup

Makanlah dalam porsi yang cukup saat berbuka dan sahur. Dengan mengonsumsi makanan dalam porsi yang cukup, kebutuhan nutrisi bisa terpenuhi dengan baik. Sebab, selain membuat Anda semakin kelaparan, kurang makan juga dapat memengaruhi fungsi organ tubuh dan bahkan menghambat kinerja otak selama berpuasa.

Olahraga di waktu yang tepat

Memilih waktu olahraga yang tepat dapat menjadi cara menahan lapar dan haus saat puasa. Olahraga ringan saat puasa dapat membuat tubuh Anda bugar dan menjaga kondisi fisik Anda dalam keadaan prima. Cobalah untuk berolahraga ringan, seperti jalan kaki, bersepeda, atau joging, sekitar satu jam sebelum berbuka atau beberapa jam setelah berbuka.

Lakukan kesibukan lain

Cobalah alihkan rasa lapar Anda dengan mengerjakan sesuatu. Misalnya, mengerjakan pekerjaan rumah tangga, berkebun, atau pekerjaan kantor yang tertunda. Sebab, biasanya orang akan lupa waktu jika sudah larut dalam pekerjaan. Dengan mengerjakan sesuatu, waktu bisa terasa cepat berlalu dan Anda tidak mudah tergoda dengan rasa lapar dan haus.

Istirahat yang cukup

Selama bulan Ramadan cobalah untuk tidur lebih cepat dibandingkan biasanya. Tidur yang cukup membuat tubuh memiliki banyak energi untuk beraktivitas dan mencegah mood swing yang bisa memengaruhi keinginan untuk makan. Untuk hasil yang optimal, Anda bisa mengatur pola tidur agar bisa istirahat dan bangun di jam yang sama setiap harinya selama menjalan ibadah puasa.

Populer video

Berita lainnya