Awas! Ini Dampak Terlalu Sering Pakai High Heels pada Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
High Heels
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kebanyakan wanita mungkin senang mengenakan sepatu hak tinggi atau high heels. Selain membuat tubuh terlihat lebih tinggi, mengenakan high heels bisa membuat betis lebih terlihat jenjang, dan lebih seksi. Namun sayangnya, ada risiko kesehatan yang mengintai jika Anda terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi. Melansir laman sehatQ, berikut ini beberapa masalah kesehatan yang bisa timbul akibat penggunaan sepatu hak tinggi.

Masalah postur tubuh

Mengenakan sepatu hak tinggi membuat kaki Anda berada dalam posisi terentang ke arah bawah. Karena itu, tekanan pada telapak kaki bagian depan juga akan sangat tinggi. Posisi ini tentu memengaruhi keseimbangan tubuh saat berdiri. Karena posisi kaki condong ke depan, tubuh bagian atas akan condong ke belakang supaya bisa seimbang saat berdiri.

Walhasil, postur tubuh yang lurus secara natural pun berubah. Semakin tinggi hak sepatu Anda, perubahan postur tubuh akan semakin jelas pula. Tubuh akan lebih melengkung di area punggung bawah.

Pengaruh terhadap pinggul dan lutut

Cara berjalan yang normal adalah kaki menapak dari tumit ke arah depan telapak kaki kemudian menjejak dengan jari-jari kaki. Namun penggunaan sepatu heels tinggi akan membuat telapak kaki meregang ke depan dan menahan beban tubuh. Akibatnya, proses menjejak menjadi tidak sempurna.

Berjalan menggunakan sepatu hak tinggi akan membuat otot fleksor panggul meregang melebihi normal dan lutut lebih menekuk. Otot-otot di sekitar lutut pun harus bekerja lebih keras.

Bila otot fleksor panggul bekerja terlalu keras dalam waktu lama, otot-otot akan memendek dan menjadi lebih kaku. Ketika otot ini lebih pendek, tulang punggung di bagian panggul akan lebih keras tertarik oleh otot dan muncul keluhan sakit pinggang atau nyeri punggung bawah.

Gangguan keseimbangan dan jatuh

Berjalan dengan sepatu heels butuh keseimbangan. Penggunanya pun mesti lihai menyeimbangkan tubuh sambil mencari pijakan yang tepat di atas permukaan jalan yang dilalui. Sebuah riset menemukan bahwa terdapat ratusan ribu kasus cedera di unit gawat darurat (UGD) yang berkaitan dengan jatuh serta terkilir saat berjalan dengan sepatu hak tinggi.

Masalah pada kaki dan jari kaki

Dalam jangka waktu lama, tekanan berlebih pada bagian depan kaki saat menggunakan sepatu high heels bisa memicu masalah kesehatan. Gangguan lain yang berisiko muncul adalah neuroma, yaitu penebalan jaringan di sekitar saraf jari-jari kaki. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa nyeri atau mati rasa pada jari-jari kaki.

Sakit punggung

Menggunakan sepatu high heels bisa membuat posisi tulang belakang terpaksa harus berubah, sehingga dalam jangka panjang akan menyebabkan sakit punggung. Jika Anda harus menggunakan sepatu hak tinggi sepanjang hari, maka sesekali cobalah untuk mencondongkan tubuh ke depan untuk mengurangi tekanan di tulang belakang, sehingga risiko terjadinya sakit punggung kronis bisa berkurang.

Populer video

Berita lainnya